Pentingnya Melepas Lensa Kontak Saat Berenang

Torie Natalova    •    Selasa, 03 Apr 2018 07:03 WIB
kesehatan mata
Pentingnya Melepas Lensa Kontak Saat Berenang
Risiko infeksi mata 6,4 kali lebih besar pada mereka yang tidak membersihkan kotak dalam waktu lama. (Foto: Alex Iby/Unsplash.com)

Jakarta: Penelitian menunjukkan bahwa perawatan mata yang tak tepat dan penyalahgunaan lensa kontak dapat mengakibatkan penurunan penglihatan, bekas luka kornea atau dapat mengakibatkan transplantasi kornea. Karena itu, sangat penting untuk melepaskan lensa kontak ketika akan tidur.

Tidur dengan lensa kontak dapat memicu kerusakan mata. Kornea mendapatkan oksigennya hanya dari udara. Itu berarti ketika Anda memasang lensa kontak, pasokan oksigen berkurang sedikit dan ketika tidur pasokan berkurang lebih banyak. Tidur dengan lensa kontak oksigen akan berkurang drastis dan memicu keratitis mikroba, sejenis infeksi mata.

Selain tidur dengan lensa kontak, berikut adalah beberapa kesalahan menggunakan lensa kontak yang dapat memicu kerusakan jika dilakukan terus menerus seperti dilansir dari Redonline.co.uk.

(Baca juga: Lensa Kontak Picu Masalah pada Mata?)


(Risiko infeksi mata 6,4 kali lebih besar pada mereka yang tidak membersihkan kotak dalam waktu lama. Foto: Rhett Wesley/Unsplash.com)

1. Menyimpan melebihi waktu kedaluwarsa
Lensa kontak memiliki masa simpan sekitar satu bulan, setelah itu Anda harus menggunakan yang baru untuk memastikan kesegaran dan sterilitas lensa. Jika tidak, ini bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri.

2. Menggunakan air keran sebagai pengganti larutan pembersih
Meski air keran terlihat bening, tapi ini tidak steril. Bakteri juga hidup di air keran, jadi jika lensa direndam dalam air keran ini dapat mengundang infeksi. 

3. Berenang atau mandi dengan lensa kontak
Jika air kolam renang yang mengandung klorin atau air laut yang asin berhasil masuk ke belakang lensa kontak, semua bakteri akan ditekan langsung ke bola mata, dimana ia dapat menyebabkan kerusakan paling besar.

4. Menyimpan di kotak terlalu lama
Kuman dan bakteri yang tidak terlihat mungkin dapat tinggal di kotak lensa Anda yang sudah lama tidak dibersihkan. Risiko infeksi mata 6,4 kali lebih besar pada mereka yang tidak membersihkan kotak dalam waktu lama.







(TIN)