5 Tanda Tubuh Menderita Peradangan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 25 Nov 2016 11:46 WIB
kesehatan
5 Tanda Tubuh Menderita Peradangan
Nyeri sendi merupakan pertanda awal peradangan pada bagian sendi dan tulang (Foto:Boldsky)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebanyakan orang tak menyadari tubuh mereka mengalami peradangan sebelum berkonsultasi kepada tenaga medis profesional.

Sebenarnya, Anda dapat membaca gejala peradangan sebelum memeriksakan diri ke dokter. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Pradip Shah dari Fortis Hospital di Mumbai, India, mengungkapkan ada lima pertanda awal penyakit tersebut.

1. Nyeri sendi ringan

Pada umumnya orang menyepelekan nyeri sendi ringan dan berpikir penyebabnya adalah cuaca dingin atau postur tubuh yang buruk. Padahal, bisa jadi itu adalah pertanda awal dari peradangan pada bagian sendi dan tulang.

2. Nyeri otot

Jika Anda mengalami nyeri otot tanpa penyebab yang jelas, lebih baik segera konsultasikan dengan dokter. Normalnya, nyeri otot dialami setelah berolahraga dan terjadi saat tubuh sedang istirahat.

3. Lemah/lesu

Jangan abaikan perasaan letih atau lesu yang kerap Anda alami. Sebab, itu menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang tak beres dengan tubuh.

4. Ruam kulit dan kemerahan

Dikutip Thehealthsite, selain indikasi alergi, ruam kulit dan kemerahan juga menjadi pertanda penyakit auto-imun sehingga menyebabkan peradangan.

5. Gejala flu

Beberapa gejala flu, seperti suhu tubuh tinggi dan kehilangan nafsu makan, menjadi indikasi peradangan yang sedang dialami tubuh. Bahkan, pusing yang tak kunjung reda pun perlu diwaspadai sebagai gejala awal peradangan.


(ROS)