Kenali 5 Gejala Sindrom Kelelahan Kronis

Nia Deviyana    •    Minggu, 18 Dec 2016 11:49 WIB
kamus kesehatan
Kenali 5 Gejala Sindrom Kelelahan Kronis
(Foto: Prevention)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lebih dari satu juta orang Amerika menderita sindrome kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome (CFS). Ini merupakan kondisi dimanaseseorang merasa pada sebagian besar atau sepanjang waktu. Gejalanya juga dibarengi dengan nyeri otot atau sulit berkonsentrasi.

Jennifer Caudle, DO, dokter keluarga dan asisten profesor di Rowan School of Osteopathic Medicine, New Jersey megatakan, penyakit ini seringkali tak terdeteksi.

Namun, beberapa tanda ini bisa dijadikan sinyal sehingga Anda bisa segera memeriksakan kondisi Anda dan mendapatkan pengobatan tepat.

1. Mengalami gangguan tidur

Delapan puluh persen pasien CFS mengalami gangguan tidur. Meski terkadang Anda begitu mudah untuk tertidur, frekuensi untuk tidak bisa tidur masih lebih banyak. "Bahkan ketika saya bangun tidur, saya merasa seolah saya tidak tidur sama sekali," aku pasien Caudle.

2. Sulit berkonsentrasi

CFS bukan hanya sekadar lelah, tetapi juga menyebabkan penderitanya sulit berkonsentrasi dan pelupa.

3. Mudah lelah

Anda mudah lelah padahal baru berjalan sebentar atau melakukan aktivitas fisik yang tak berat.

4. Pusing

Orang dengan CFS seringkali merasa pusing saat berdiri. Belum jelas alasannya. Namun, beberapa ahli meyakini mereka mengalami kondisi yang disebut intoleransi ortostatik, penurunan aliran darah ke otak saat berdiri tegak.

5. Nyeri

Banyak penderita CFS mengeluh nyeri, termasuk sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, dan sakit tenggorokan.


(DEV)