Atasi Kelelahan dengan 8 Makanan Ini

Torie Natalova    •    Jumat, 04 Nov 2016 10:42 WIB
diet
Atasi Kelelahan dengan 8 Makanan Ini
Membatasi konsumsi makanan manis, Anda bisa mencoba beberapa alternatif makanan untuk mengatasi kelelahan. (Foto: Rodawellness)

Metrotvnews.com, Jakarta: Energi sangat dibutuhkan tubuh untuk terus bergerak aktif seharian, mulai dari pagi hingga malam hari. Kekurangan energi dapat membuat tubuh Anda lemas dan merasakan kelelahan.

Ada banyak cara untuk menjaga Anda tetap segar, seperti mengonsumsi makanan manis untuk menambah tenaga. Jika membatasi konsumsi makanan manis, Anda bisa mencoba beberapa alternatif makanan untuk mengatasi kelelahan.



1. Yogurt
Penelitian menunjukkan bahwa ketidakseimbangan mikrooganisme dalam saluran pencernaan bisa menyebabkan kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome. Yogurt, salah satu makanan yang kaya probiotik atau bakteri baik dapat membantu kesehatan pencernaan.



2. Sereal kulit gandum
Serat tak hanya bisa membantu Anda melawan lemak, tapi juga bisa menjadi nutrisi yang membuat Anda tetap segar. Peneliti di University of Cardiff Wales menemukan bahwa orang yang makan tinggi serat seperti sereal kulit gandum, mengalami penurunan tekanan emosional, mengalami kesulitan kognitif yang lebih sedikit dan tidak terlalu lelah dibanding mereka yang tidak makan banyak serat.

(Baca juga: Salah Strategi dalam Rencana Diet)



3. Gandum utuh
Ini biasanya digunakan oleh pelaku diet untuk tetap mendapatkan tenaga seperti mengonsumsi karbohidrat. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti biskuit gandum atau semangkuk oatmeal. Tubuh mencerna dan melepaskan karbohidrat kompleks secara perlahan, menjaga gula darah Anda tetap stabil.

Gula sederhana, seperti yang ditemukan dalam permen dan makanan olahan, dapat memberikan energi ekstra secara cepat. Tapi, ini bisa menyebabkan gula darah Anda cepat menurun juga.



4. Kenari
Peneliti Belgia menemukan bahwa pasien dengan CFS memiliki kadar rendah asam lemak omega-3 dan orang-orang dengan gejala kelelahan yang paling parah kekurangan omega-3. American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa asam alfa-linolenat, asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam kenari dapat membantu meringankan gejala depresi.



5. Dark chocolate
Hull York Medical Scholl di United Kingdom menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi dark chocolate lebih sedikit mengalami kelelahan. Peneliti menduga, polifenol yang ada dalam cokelat hitam ini dapat meningkatkan kadar pemicu kebahagiaan, meningkatkan zat kimia otak serotonin, yang merupakan unsur penting mengurangi kelelahan.



6. Teh
Secangkir teh mengandung I-theanine, yang ketika dipasangkan dengan kafein, asam amino yang ditemukan alami dalam teh meningkatkan kognisi yang lebih efektif dibanding kafein saja. 

Peneliti dari Biological Psychology melakukan penelitian dimana mereka yang menggabungkan kafein dengan I-theanine, mendapatkan berbagai manfaat kognitif termasuk peningkatan kewaspadaan, memori dan waktu reaksi serta penurunan kelelahan mental.



7. Semangka
Jika Anda merasakan kelelahan setelah terkena panas seharian atau olahraga yang menguras keringat, ini mungkin karena Anda mengalami dehidrasi. Sepotong buah semangka dapat mengurangi kelelahan akibat dehidrasi karena kandungan air yang sangat banyak.



8. Paprika merah
Antioksidan membantu mengurangi stres oksidatif yang berasal dari radikal bebas dan dapat memicu CPFS. Selain antioksidan, paprika merah juga mengandung vitamin C yang dapat menurunkan hormon stres kortisol. Sehingga, rasa lelah berlebihan bisa diatasi.







(TIN)