Benarkah Buah Cranberi Mencegah Penyakit Kandung Kemih?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 02 Nov 2016 19:14 WIB
studi kesehatan
Benarkah Buah Cranberi Mencegah Penyakit Kandung Kemih?
(Foto: Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bertahun-tahun, cranberi dikenal  memiliki khasiat menjaga kesehatan kandung kemih dan menyembuhkan sistitis.
 
Namun, pernyataan tersebut belum lama ini disangkal peneliti dari Yale School of Medicine lewat sebuah penelitian. Menurut mereka, tak ada bukti ilmiah yang menunjukkan manfaat tersebut.

Studi tersebut meneliti dua grup sampel penderita infeksi saluran kemih (ISK), dimana satu kelompok diberi kapsul cranberi, sementara kelompok lain diberi pil tanpa kandungan buah tersebut.

Tablet pertama mengandung 72 mg bahan aktif proanthosianidin, yang setara dengan lebih dari setengah liter sari cranberi.

Setelah lebih dari setahun, pengobatan dengan pil cranberi tidak menunjukkan banyak perbedaan pada jumlah sel darah putih atau bakteri dalam urine partisipan, yang menjadi indikasi ISK.

Faktanya, perbedaan antara kedua kelompok pun hanya 0,1 persen dimana kelompok pertama sebesar 29,1 persen dan kelompok plasebo sebesar 29,0 persen. Tidak ada penurunan dalam hal masalah kandung kemih yang dialami.

"Banyak studi tentang produk cranberi telah diadakan selama beberapa dekade dengan bukti yang berlawanan terkait kebutuhan pencegahan ISK. Hasilnya ternyata menunjukkan bahwa produk tersebut tidak mencegah sama sekali," ujar salah satu peneliti Dr Manisha Juthani-Mehta.

Ia menegaskan, percobaan tersebut tidak menunjukkan keuntungan penggunaan kapsul cranberi untuk mengurangi jumlah bakteriuria dan pyuria pada perempuan tua.

Secara umum, terdapat sekitar 25-50 persen  bakteriuria, bakteri yang terdapat di urin, pada perempuan dan 90 persen penyakit kemih disebabkan oleh pyuria atau nanah dalam urin yang disebabkan karena infeksi bakteri.

"Isu yang mengungkapkan bahwa cranberi dapat mencegah ISK di media terlihat tak konsisten dengan realitas dari studi-studi yang lemah dalam metodologi," terang Dr Lindsay Nicolle dari University of Manitoba, Winnipeg.

Oleh karena itu, ia menambahkan, sudah saatnya untuk mencari pendekatan berpotensi lain yang benar dan beralih dari cranberi.

Buah cranberri sendiri dikatakan sebagai buah super karena mengandung flavonoid yang dapat memberi manfaat besar bagi masalah kesehatan jantung serius. Selain itu, buah tersebut juga mengandung anti-inflamasi yang mampu mengatur kolesterol dan menurunkan tekanan darah.


(DEV)