Jeans Ketat dan Tas Besar Memicu Sakit Punggung

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 21 Mar 2017 11:43 WIB
kesehatan
Jeans Ketat dan Tas Besar Memicu Sakit Punggung
(Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa jenis pakaian atau barang-barang yang Anda pakai sehari-hari ternyata dapat menyebabkan sakit punggung akut, seperti jeans ketat, tas samping berukuran besar, jaket bertudung besar, sepatu hak tinggi, dan sepatu tanpa panutup di bagian belakang.

Sebuah survei yang dilakukan oleh British Chiropractic Association (BCA) menunjukkan bahwa kemungkinan besar penyebab dari seperempat wanita (73 persen) yang menderita sakit punggung parah adalah barang-barang yang membuat mereka tak nyaman.

"Saat tas tangan yang besar dan berat adalah penyebab umum, beberapa barang seperti jeans ketat termasuk salah satunya karena yang membatasi gerakan bebas pada pinggul dan lutut, sehingga memengaruhi pergerakan tubuh," ujar Tim Hutchful, chiropraktor di BCA, dalam sebuah pernyataan.

Selain itu, tren pakaian asimetris dan perhiasan yang berat juga dapat menyebabkan sakit pada punggung.

Lebih dari seperempat (28 persen) wanita sadar bahwa pakaian yang mereka pakai memengaruhi punggung mereka, sementara sepertiga dari mereka tak menyadari bahwa pakaian juga bisa memengaruhi kesehatan leher.

"Saya terkejut mengetahui berapa banyak pasien saya yang tak sadar bahwa pakaian dan perhiasan mereka dapat memengaruhi kesehatan punggung dan postur tubuh. Bagaimana mereka tak sadar bahwa barang terlalu berat yang mereka bawa juga berpengaruh," tambahnya.

Ia menyarankan untuk membatasi penggunaan jeans ketat dan sepatu hak tinggi di akhir pekan agar tubuh dapat beristirahat, serta lebih sering menggunakan tas ransel sehingga beban yang dibawa seimbang.


(DEV)