Berikut Ini Cara yang Salah dalam Menghilangkan Stres

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 27 Nov 2017 12:55 WIB
Berikut Ini Cara yang Salah dalam Menghilangkan Stres
Makan dalam jumlah banyak justru tidak berdampak apa-apa terhadap stres, justru malah menambah beban pikiran. (Foto: Alex Loup/Unsplash.com)

Jakarta: Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menghilangkan stres. Namun, tak semua yang dilakukan itu benar karena bisa berdampak terhadap kesehatan Anda sendiri.

Dikutip dari Timesofindia.com, berikut ini adalah beberapa cara orang menghilangkan stres tapi sayangnya cara tersebut kurang baik.

1. Menonton
Tak jarang cara ini dilakukan oleh sebagian besar orang menghilangkan stres yang dialami dengan menonton film lucu dan lain sebagainya. Namun, tak sepenuhnya cara ini benar. Menurut penelitian di Jerman dan Belanda, bersantai dan menonton televisi justru tidak akan menghilangkan stres Anda.

Sebaliknya, hal itu akan membuat Anda lebih stres. Ada baiknya, Anda malah menghadapi langsung masalah Anda kemudian selesaikan. Dengan begitu perasaan Anda tidak terbebani lagi.


(Bagi sebagian orang makanan adalah pelampiasan saat banyak pikiran. Tak tahu apa hubungannya, cara ini sering juga dilaukan untuk mengurangi beban pikiran. Foto: Taylor Kiser/Unsplash.com)

2. Konsumsi minuman keras atau merokok
Mengonsumsi minuman keras atau merokok menjadi salah satu cara yang sering diterapkan oleh banyak orang ketika stres. Hal ini merupakan cara yang salah karena hanya memberikan rileksasi sementara. Setelah itu, Anda akan berhadapan lagi dengan masalah yang belum selesai.

(Baca juga: 5 Penyebab Stres yang Sering Tidak Disadari)

3. Banyak makan
Bagi sebagian orang makanan adalah pelampiasan saat banyak pikiran. Tak tahu apa hubungannya, cara ini sering juga dilaukan untuk mengurangi beban pikiran. Cara ini sangat salah. Makan dalam jumlah banyak justru tidak berdampak apa-apa terhadap stres, justru malah menambah beban pikiran. Selain itu juga bisa menghambat proses pencernaan Anda.

4. Menggunakan sosial media
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa menghilangkan stres bisa dengan berselancar di sosial media. Hal ini adalah cara yang salah. Sebab, jika menemukan sesuatu hal yang negatif, maka akan membuat pandangan Anda buruk terhadap masalah Anda sendiri. Sisi lainnya juga semua orang malah tahu masalah pribadi Anda tanpa bisa terselesaikan.









(TIN)