Kenali Penyebab Kulit tak Sehat

   •    Selasa, 02 Jan 2018 16:41 WIB
tips kesehatankesehatan kulit
Kenali Penyebab Kulit tak Sehat
Ilustrasi. (Thinkstock)

Jakarta: Setiap individu yang lahir ke dunia pasti memiliki kulit sehat; cerah bersinar, halus dan kencang, dan dengan warna yang rata. Tapi seiring waktu tampilan kulit akan berubah, yang sebelumnya sehat akan mengalami beragam masalah kulit.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Gloria Novelita mengatakan penyebab kulit tak sehat berasal dari faktor internal dan eksternal. Implikasinya bisa berupa tampilan wajah kusam, berjerawat, pori-pori yang besar, flek, dan sebagainya.

"Faktor eksternal adalah matahari terutama sinar ultaviolet, polusi, mereka yang tinggal di daerah yang tingkat udaranya berbahaya seperti industri atau orang yang tinggal di mana air yang digunakan mengandung mineral tinggi," kata Gloria, dalam Metro I-Care, Minggu 31 Desember 2017.

Sementara dari faktor internal, kata Gloria, ditentukan oleh DNA. Jika secara genetik baik, kulit seseorang cenderung lebih bagus. Ada orang yang selalu tampak awet muda, hal itu tak lain berasal dari faktor genetik dan juga usia.

Tak bisa dipungkiri, semakin menua kulit akan lebih mudah bermasalah. Faktor lain yang memengaruhi adalah tingkat stres terutama bagi orang yang tinggal di kota besar yang bekerja hingga larut malam dan hormon serta gaya hidup.

Menurut Gloria perawatan tepat dapat mencegah masalah kulit. Yang paling penting adalah memulainya sejak dini, menerapkan gaya hidup sehat dan memilih produk perawatan yang tepat.

"Gaya hidup itu tidur harus cukup, banyak olahraga, diet seimbang kemudian jangan lupa mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan. Kalau tidak bisa dari buah atau sayur berikan suplemen yang mengandung vitamin A, C, E, dan omega 3," ujarnya.

Tak lupa, selain menerapkan gaya hidup sehat pemilihan produk perawatan kulit juga harus tepat. Mulailah dengan membersihkan wajah secara teratur setiap pagi, usai beraktivitas, dan malam sebelu tidur.

Saat pagi jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya sebelum beraktivitas dan gunakan pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

"Perawatan kulit cantik itu tidak mahal asal dilakukan sedini mungkin dan teratur. Jangan lupa kulit adalah cerminan kesehatan tubuh secara umum, gaya hidup yang baik bukan hanya berguna bagi tubuh tapi juga kulit," jelasnya.




(MEL)