Memasak Bermanfaat bagi Kesehatan Mental

Raka Lestari    •    Selasa, 02 Jan 2018 18:26 WIB
kesehatan mental
Memasak Bermanfaat bagi Kesehatan Mental
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Beberapa orang memiliki cara sendiri untuk melepas penat. Sebagian ada yang meluangkan waktunya dengan membaca dan bermain video games. Sebagian lainnya menciptakan masakan-masakan baru yang berasal dari kreativitas mereka.

Menurut sebuah studi terbaru, aktivitas seperti memasak atau membuat kue berperan penting bagi kesehatan mental.

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Positive Psychology menemukan bahwa orang-orang yang melakukan beberapa kegiatan ringan dan mengasah kreativitas cenderung merasa lebih bahagia dan lebih tenang dalam kehidupan sehari-harinya. Studi tersebut berlangsung selama dua minggu dengan 638 partisipan yang berasal dari University of Otago di New Zealand.

Hasil studi tersebut menemukan bahwa para partisipan yang melakukan kegiatan seperti merajut, memanggang, memasak, menulis secara kreatif, dan melukis memiliki tingkat pertumbuhan diri tertinggi seperti lebih antusias dan berkembang.

"Melakukan kegiatan-kegiatan yang kreatif dapat meningkatkan rasa bahagia pada keesokan harinya, dan meningkatnya perasaan bahagia ini cenderung akan menumbuhkan fungsi psikologis yang positif." ujar Tamlin Conner, salah satu peneliti dalam studi tersebut kepada Telegraph.




(DEV)