Selain Lidah Buaya, 4 Bahan Ini Bisa Mengobati Lecet di Kulit

Raka Lestari    •    Minggu, 31 Dec 2017 17:31 WIB
tips & trik
Selain Lidah Buaya, 4 Bahan Ini Bisa Mengobati Lecet di Kulit
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Selain plester, beberapa bahan alami dan kosmetik di sekitar Anda dapat membantu menyembuhkan luka atau lecet pada kulit. Bahkan dengan bahan alami, Anda tak hanya mengobati luka tetapi juga menghilangkan bekasnya.

Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan untuk mengobati luka seperti dilansir Reader Digest.

1. Deodoran

Luka atau lecet biasanya terjadi karena adanya gesekan, oleh karena itu untuk mencegah terjadinya lecet atau luka bisa menggunakan deodoran. Deodoran dapat bertindak sebagai obat rumah untuk melembabkan pada bagian kaki dan mengurangi gesekan dengan sepatu yang bisa menyebabkan lecet.

2. Teh hijau

Teh hijau memiliki khasiat antiinflamasi yang membantu penyembuhan. Inilah cara yang bisa dilakukan: Pertama, seduh tiga kantong teh dalam air mendidih, lalu aduk satu sendok teh baking soda. Anda bisa menggunakan kasa untuk mengoleskannya ke daerah yang lecet.

3. Cuka apel

Cuka sari apel memiliki sifat anti bakteri yang akan membantu mencegah luka lecet dari infeksi. Namun Anda harus behati-hati karena cuka apel cukup terasa perih. Jika cuka apel terlalu perih, bisa menggunakan hidrogen peroksidan dan tutup luka dengan salep anti bakteri.

4. Minyak jarak

Minyak jarak adalah obat rumah populer untuk lecet. Oleskan pada luka lecet sebelum tidur, biarkan semalam untuk membantu lecet Anda  sembuh. Anda bisa mencampur minyak jarak dengan cuka sari apel untuk membantu penyembuhan lebih lanjut.

5. Lidah buaya

Lidah buaya juga merupakan salah satu bahan anti inflamasi sehingga akan membantu mengurangi kemerahan dan bengkak yang menyebabkan rasa sakit. Studi juga telah membuktikan bahwa lidah buaya sama efektifnya dengan obat tradisional dalam penyembuhan luka bakar tingkat dua dan tiga, menjadikannya obat rumah yang sangat baik untuk lecet.





(DEV)