Selain Lari, Ketahui 4 Jenis Olahraga yang Paling Banyak Membakar Kalori

Anggi Tondi Martaon    •    Rabu, 03 Jan 2018 16:18 WIB
tips & trik
Selain Lari, Ketahui 4 Jenis Olahraga yang Paling Banyak Membakar Kalori
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Selain diet, penurunan berat badan akan semakin efektif bila diimbangi dengan latihan fisik atau berolahraga. Berikut lima jenis olahraga yang paling banyak membakar kalori seperti dikutip dari Web MD.

1. Lari

Lari tak hanya membakar banyak kalori, tetapi juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga Anda menjadi lebih fokus. Sayangnya, lari tak begitu direkomendasikan bagi Anda yang rentan mengalami cedera tulang.

2. Skipping

Skipping dianggap sebagai salah satu olahraga yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Bahkan, olahraga ini dianggap lebih efektif daripada jogging.

"10 menit skipping setara dengan jogging selama 20 menit," kata Rachael Rollisson pelatih Jump Roping Inggris.

Meski efektif, skipping sulit dilakukan dalam waktu lama. Biasanya, pemula hanya dapat bertahan selama 30 detik. Jadi disarankan untuk menerapkan olahraga ini secara bertahap.

3. Berenang

Saat berenang, semua bagian tubuh bergerak sehingga sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Karena dilakukan di air, olahraga ini sangat kecil menimbulkan cedera. Berenang selama setengah jam dapat membakar 372 kalori.

4. Bersepeda

Bersepeda dianggap sebaga pembakar kalori yang baik. Diperkirakan, bersepeda selama 1 jam dengan kecepatan kecepatan 12 sampai 14 mil per jam dapat membakar 600 kalori.

5. Yoga

Meski terlihat santai daripada olahraga diatas, yoga juga efektif menurunkan berat badan. Gerakkan yoga yang dinilai sangat cocok untuk menurunkan berat badan yaitu Bikram atau Vinyasa karena dapat membakar kalori dalam jumlah besar.




(DEV)