Mengatasi Phobia Jarum Suntik pada Anak

Raka Lestari    •    Rabu, 15 Nov 2017 11:02 WIB
Mengatasi Phobia Jarum Suntik pada Anak
Menurut The American Psychiatric Association mengatakan phobia jarum suntuk memperngaruhi sekitar 10 persen populasi orang di dunia. (Foto: Kevinmd/Pinterest)

Jakarta: Sejak ditemukannya jarum suntik sekitar tahun 1850-an, pemberian obat melalui suntikan menjadi bagian utama tindakan medis untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan baik yang bersifat akut maupun kronik. 

Baik dokter maupun petugas kesehatan di seluruh dunia sudah pasti menggunakan jarum suntik untuk berbagai kepentingan pasien. 

Meski manfaat jarum cuntik cukup banyak, namun ada kalanya pasien memiliki ketakutan akan jarum suntik yang terbuat dari logam dengan lubang ditengahnya dan tajam diujung. 

"Bayangan akan rasa nyeri atau phobia ketika jarum menembus kulit, menjadi salah satu keluhatn utama," jelas Firesta Farizal, M.Psi., seorang psikolog pada acara Revolusi Sirkumsisi Tanpa Jarum Suntik di Jakarta, Selasa (15/11/17). 



(Baca juga: Suntik atau Mengonsumsi Minuman Berkolagen, Mana yang Paling Efektif Bikin Kulit Awet Muda?)

Lebih lanjut lagi, menurut The American Psychiatric Association mengatakan phobia jarum suntuk memperngaruhi sekitar 10 persen populasi orang di dunia. 

"Yang harus dilakukan adalah berusaha mencari tahu apa yang membuat mereka takut, terima rasa takut tersebut dan cari solusi dari ketakutan mereka tersebut," jelas Firesta. 

Menurut Firesta juga, untuk menghilangkan rasa phobia terhadap jarum suntik tersebut mungkin saja tidak bisa dihilangkan. Namun hal tersebut bisa dikurangi meskipun memerlukan waktu. 








(TIN)