Benarkah Rokok Kretek Lebih Berbahaya daripada Rokok Putih?

Raka Lestari    •    Rabu, 20 Dec 2017 16:09 WIB
rokok
Benarkah Rokok Kretek Lebih Berbahaya daripada Rokok Putih?
(Foto: Dok.MI/Panca Syurkani)

Jakarta: Rokok putih disebut-sebut sebagai rokok yang lebih baik daripada rokok kretek. Memang benar, rokok putih memiliki filter sehingga ketika seseorang sedang menghisap rokok, ada filter atau penyaring dibandingkan rorkok kretek yang tidak memiliki filter atau penyaring sama sekali.

Namun benarkah rokok putih lebih baik dibandingkan rokok kretek?

"Filter sendiri artinya penyaring. Memang bisa menyaring atau mengurangi kadar nikotin yang masuk ke dalam tubuh. Buktinya saja warna filternya itu yang tadinya putih bisa jadi coklat setelah rokoknya dinyalakan, berarti ada zat yang nyangkut disana," ujar Fuad Baradja, terapis sekaligus aktivis penanggulangan masalah tembakau, dalam talkshow #MelawanRokok, di daerah Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Desember 2017.

Filter pada rokok sendiri terbuat dari kertas krep atau kombinasi dari kertas krep dengan gumpalan selulosa. Jika dibandingkan dengan rokok kretek, nikotin yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit.

Namun menurut Fuad, hal tersebut tidak berpengaruh banyak.

"Sebenarnya tidak ada batas aman untuk rokok. Entah itu rokok kretek atau rokok putih atau rokok jenis apapun. Tetap saja yang namanya rokok itu berbahaya," pungkas Fuad.
24



(DEV)