Ini Manfaat Lain dari Daun Mint

Anindya Legia Putri    •    Selasa, 26 Dec 2017 08:48 WIB
kesehatan
Ini Manfaat Lain dari Daun Mint
Daun mint adalah salah satu dedaunan terbaik yang telah digunakan sejak zaman kuno. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Daun mint adalah salah satu dedaunan terbaik yang telah digunakan sejak zaman kuno karena memiliki beragam manfaat. Daun mint banyak ditanam di benua Asia, Eropa, dan juga di Timur Tengah. 

Daun peppermint atau mint digunakan dalam bentuk daun segar, dalam bentuk kering dan bahkan dalam bentuk minyak esensial. Anda pasti pernah melihat daun peppermint yang digunakan untuk berbagai keperluan kuliner, menambahkannya ke gelas lemon favorit Anda, masakan kari, jus, salad, sup, dessert, dan masakan lainnya.


(Daun mint adalah salah satu dedaunan terbaik yang telah digunakan sejak zaman kuno. Foto: Pixabay.com)

Ekstrak daun peppermint juga digunakan untuk pasta gigi dan juga permen karet. Hali ini karena daun peppermint diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Diantaranya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga untuk mengobati bau mulut. Dan berikut beberapa manfaat tambahan kesehatan daun peppermint yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Meningkatkan imunitas
Kaya akan vitamin C, daun peppermint membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa menambahkan beberapa daun peppermint dalam makanan yang Anda konsumsi.

2. Melawan napas tak sedap
Salah satu manfaat terbaik dari daun peppermint adalah sifat anti bakterinya. Anda hanya perlu mengambil beberapa daun peppermint dan menguyahnya. 

(Baca juga: Mengecilkan Perut dengan Jus Alpukat)


(Ekstrak daun peppermint juga digunakan untuk pasta gigi dan juga permen karet. Hali ini karena daun peppermint diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. ?Foto: Pixabay.com)

3. Membantu melawan gangguan pecernaan
Jika Anda menderita gangguan pencernaan, maka daun peppermint adalah salah satu ramuan yang bisa membantu. Daun peppermint membantu mengaktifkan kelenjar ludah serta enzim yang merangsang pencernaan sehingga membantu pencernaan yang lebih baik. 

Ambil beberapa daun peppermint segar, tambahkan daun ke segelas air dan biarkan selama sekitar 5 menit. Minumlah air ini secara teratur sampai gejala mereda.

4. Membantu memrangi sakit kepala dan mual
Peppermint dikenal dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Ambil beberapa tetes minyak mint dan oleskan ke kening. Ini membantu dalam melawan sakit kepala dan mual secara efektif.

5. Membantu mengobati nyeri otot
Jika Anda menderita nyeri otot, maka oleskan minyak peppermint ke area yang nyeri. Peppermint dikenal karena sifat antispasmodiknya yang kaya. Mengoleskan minyak peppermint dan memijatnya membantu melonggarkan otot yang nyeri dan tegang.










(TIN)