Tak Cuma Bikin Bahagia, Makan Cokelat Bantu Redakan Batuk

Torie Natalova    •    Rabu, 18 Oct 2017 14:36 WIB
kesehatan
Tak Cuma Bikin Bahagia, Makan Cokelat Bantu Redakan Batuk
(Foto: Serving Joy)

Metrotvnews.com, Jakarta: Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa cokelat memiliki faktor yang dapat membuat suasana hati membaik, berkat campuran bahan kimia seperti kafein, theobromine, tirosin dan triptofan. Namun, di antara berbagai varian, cokelat hitam menawarkan lebih banyak keunggulan karena memiliki kandungan kakao yang tinggi dibanding cokelat susu.

Lemak dalam cokelat hitam juga lebih rendah serta mengandung antioksidan. Associate Nutritionist di AXA PPP healthcare Ceitanna Cooper menjelaskan ada lima manfaat kesehatan dari mengonsumsi cokelat. Salah satunya, dapat menenangkan batuk.

Ini karena cokelat mengandung zat kimia yang disebut theobromine yang telah terbukti dapat menekan batuk dengan bekerja pada saraf vagus, yang membawa pesan dari sistem saraf ke otak untuk membantu menekan batuk.

Selain mampu menekan batuk, ada empat manfaat cokelat untuk kesehatan seperti berikut.

1. Meredakan sedih

Rasa, aroma dan tekstur cokelat dapat merangsang area otak yang memberi perasaan senang. Cokelat juga mengandung tryptophan, asam amino esensial yang merangsang produksi serotonin, anti-depresan alami otak. Pakar bahkan menyebutkan perasaan senang dari makan cokelat sama dengan perasaan ketika Anda jatuh cinta.

2. Membantu kesehatan jantung

Makan cokelat juga bisa menurunkan tekanan darah, mengencerkan darah sehingga mengurangi risiko stroke dan memiliki efek anti peradangan. Ini karena kandungan flavonoid yang merangsang tubuh untuk membuat oksida nitrat lebih banyak, membantu memperlebar dan mengendurkan pembuluh darah, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

3. Melindungi arteri

flavonoid dalam cokelat juga membantu menghentikan kolesterol LDL atau jahat dari stres oksidatif, serta membantu mencegah munculnya masalah pada arteri. Sedangkan flavonoid ada dalam mentega cokelat atau cocoa butter dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

4. Bermanfaat untuk otak

Epicatechin dalam cokelat dan teh hijau membantu otak melawan pembentukan protein kental atau plak amyloid yang berkembang pada penyakit Alzheimer. Meskipun mengonsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan penyakit obesitas dan masalah kesehatan lain, namun makan cokelat dalam jumlah kecil dapat memberi manfaat untuk kesehatan.

Cokelat jenis apa yang terbaik?

Semakin gelap cokelat maka semakin tinggi kadar flavonoidnya. Senyawa ini juga ditemukan pada makanan seperti brokoli, bawang merah, buah, dan teh yang dapat membantu melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.





(DEV)