Ngidam Makan Daging? Ini yang Diinginkan Tubuh Sebenarnya

Torie Natalova    •    Kamis, 19 Oct 2017 15:01 WIB
kesehatan
Ngidam Makan Daging? Ini yang Diinginkan Tubuh Sebenarnya
Hasrat ingin makan daging bisa menjadi indikasi keinginan tubuh akan zat besi. (Foto: Eduardo Roda Lopes/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam sehari, Anda pasti pernah mengalami hasrat untuk mengonsumsi makanan tertentu. Perasaan seperti ngidam makanan ini sering muncul secara tiba-tiba, apakah itu Anda mendadak ingin konsumsi makanan manis, asin atau pedas.

Sebagian orang yang sering ngidam makanan bahkan sempat khawatir dirinya menderita gangguan atau disfungsi hati. Lantas, apa saja arti dari hasrat inginkan makanan berikut ini? Simak penjelasan pakar gizi Allisa Rumsey ini.

(Baca juga: Ini Cara Tersehat Makan Daging Merah)



1. Daging merah
Rumsey mengingatkan bahwa ngidam makanan tertentu bukan berarti tubuh kekurangan nutrisi tertentu. Hasrat ingin makan daging bisa menjadi indikasi keinginan tubuh akan zat besi. Biasanya, kekurangan zat besi adalah masalah utama untuk wanita yang tengah menjalani haid dan mengeluarkan banyak darah.



2. Kentang goreng
Makanan yang selalu ada di restoran cepat saji ini memang banyak digemari orang. Namun, hasrat untuk mengonsumsi makanan yang asin bisa jadi tanda Anda kekurangan mineral khususnya kalsium, magnesium dan seng. Tapi, pada saat yang sama Anda bisa jadi Anda adalah termasuk salah satu dari orang yang mengonsumsi terlalu banyak garam.



3. Keju
Keinginan makan keju dalam jumlah banyak mungkin menunjukkan bahwa Anda tidak cukup mengonsumsi lemak, seperti asam lemak omega-3. Anda bisa menghindari keju dengan memilih lemak sehat yang terkandung dalam salmon, flaxseeds dan kenari.



4. Permen
Seperti garam, semakin banyak Anda makan semakin besar keinginan Anda untuk mengonsumsinya terus. Gula tak hanya terdapat pada permen, tapi juga ada pada karbohidrat sederhana seperti pasta, roti, bagel dan kue kering.

Karbohidrat sederhana dapat menaikkan gula darah yang menyebabkan pelepasan insulin dalam jumlah besar dan diikuti dengan tumbukan gula darah. Saat tumpukan ini terjadi, nafsu makan Anda bisa melonjak dan Anda mendambakan lebih banyak gula.



5. Pasta
Pasta mirip dengan permen atau gula karena karbohidrat sederhana ini diperlakukan dengan cara yang sama seperti gula setelah dicerna. Jika Anda makan terlalu banyak karbohidrat sederhana dan tidak cukup protein serta lemak, kadar gula darah Anda akan naik turun sehingga membuat Anda inginkan lebih banyak karbohidrat.










(TIN)