Benarkah Arang Dapat Mengatasi Jerawat?

Raka Lestari    •    Kamis, 09 Nov 2017 11:03 WIB
tips kesehatan
Benarkah Arang Dapat Mengatasi Jerawat?
(Foto: Women's Health)

Metrotvnews.com, Jakarta: Charcoal atau arang memang dikenal luas memiliki banyak manfaat. Arang bahkan dijadikan salah satu campuran dari produk-produk kecantikan dan obat jerawat.

Beberapa perusahaan kosmetik  bahkan menjadikan arang sebagai bahan dasar dari produk pembersih, masker, dan produk untuk mengecilkan pori-pori.

Jessica Wu, M.D., ahli dermatologi Los Angeles dan pengarang Feed Your Face  mengatakan bahwa tidak ada penelitian ilmiah mengenai pengaruh arang pada produk perawatan kulit.

"Ada beberapa produk jerawat yang mengandung arang karena dianggap mampu mengikat toksin, kotoran, minyak sehingga mampu mengangkatnya keluar dari pori-pori," katanya.

Wu menjelaskan bahwa sebagian besar produk perawatan kulit dari arang mengandung campuran bahan lain yang terbukti mampu mengatasi kulit berminyak dan jerawat. Beberapa pembersih dengan kandungan charcoal mengandung asam salisilat, dan banyak masker arang yang mengandung kaolin, yang telah terbukti bisa mengikat sebum atau minyak kulit.

Selain itu,  arang adalah inert, yang berarti tidak menyebabkan reaksi alergi atau mengiritasi kulit sensitif, bahkan jika Anda menggunakan produk dari arang berlebihan tidak akan membuat wajah Anda bertambah buruk, bahkan Anda masih bisa mendapatkan keuntungan dari bahan-bahan lain dalam produk yang  telah terbukti membantu mengendalikan kulit berminyak atau jerawat.

Meskipun belum ada bukti nyata bahwa charcoal adalah perawatan untuk kulit berjerawat yang efektif, arang tidak akan menyakiti kulit Anda. Ditambah lagi, produk berbahan arang merupakan sesuatu yang sedang cukup tren saat ini.




(DEV)