Bernyanyi Baik untuk Kesehatan Mental

Cecylia Rura    •    Minggu, 26 Nov 2017 08:37 WIB
studi kesehatan
Bernyanyi Baik untuk Kesehatan Mental
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Bernyanyi menjadi salah satu terapi untuk meningkatkan kesehatan mental dan suasana hati. Lebih dari itu, bernyanyi ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan fisik. Berikut penjelasannya seperti dilansir dari Prevention.

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Saat bernyanyi, Anda akan menarik napas dalam-dalam. Aktivitas ini membawa banyak oksigen ke darah sehingga dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah dalam tubuh. Di samping itu, Anda akan merasa lebih tenang dan rileks.

2. Meringankan rasa sakit

Sebuah studi dari Journal of Music Therapy  pada 2004 mengungkapkan rutinitas bernyanyi dapat membantu seseorang melawan penyakit kronis, termasuk membuatnya jauh lebih baik secara fisik.

3. Meningkatkan sistem imun

Kebiasaan bernyanyi juga dapat meningkatkan sistem imun seperti paparan hasil kajian studi The Journal of Behavious Medicine  pada 2004. Air liur beberapa anggota paduan suara amatir diambil sebelum dan sesudah bernyanyi sebagai sampel penelitian. Hasilnya, seiring berjalannya waktu imun kekebalan tubuh tampak meningkat disertai penurunan kadar kortisol, yakni hormon yang dapat mengendalikan stres pada tubuh.

4. Memicu kreativitas

Ketika Anda bernyanyi lobus temporal para otak akan bekerja aktif dan neurotransmitter pada otak juga mulai terhubung. Aktivitas ini akan membuat kinerja otak bergerak aktif tanpa disertai tingkatan stres yang tinggi.




(DEV)