Olahraga Terlalu Berat Justru Menghambat Penurunan Berat Badan Anda

Torie Natalova    •    Rabu, 02 Jan 2019 10:56 WIB
berat badan
Olahraga Terlalu Berat Justru Menghambat Penurunan Berat Badan Anda
Menurut ahli gizi Jessica Sepel, olahraga berlebihan sebenarnya dapat mencegah Anda menurunkan berat badan. (Foto: Jesper Aggerg/unsplash.com)

Jakarta: Olahraga menjadi salah satu cara yang paling favorit untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Tak heran jika banyak orang memilih olahraga dengan giat dan keras untuk menurunkan berat badan sesuai target.

Namun, para ahli justru tidak menganjurkan olahraga terlalu banyak demi menurunkan berat badan berlebih. Menurut ahli gizi Jessica Sepel, olahraga berlebihan sebenarnya dapat mencegah Anda menurunkan berat badan.

Lebih lanjut, ketika Anda terlalu banyak berolahraga, kadar kortisol justru meningkat. Tubuh Anda sebenarnya tidak tahu perbedaan antara stres akibat olahraga atau pikiran. 

Dan ketika Anda stres akibat olahraga, kortisol yang tinggi berarti tubuh Anda tidak bisa membakar lemak karena terlalu sibuk mencoba menyeimbangkan sistem saraf parasimpatis dan simpatik.

Ahli gizi merekomendasikan untuk Anda mencampur sesi olahraga berat dengan olahraga pemulihan seperti yoga, pilates, dan berjalan. Ketiga olahraga pemulihan itu dapat membantu Anda tidur lebih baik, meningkatkan energi, dan menurunkan berat badan pada saat yang bersamaan.

Cara Sehat, Mudah dan Nyaman Mengontrol Berat Badan (2)



(FIR)