Tips Cegah Penyakit Saat Berada di Gym

Raka Lestari    •    Selasa, 18 Dec 2018 10:00 WIB
kesehatan
Tips Cegah Penyakit Saat Berada di Gym
Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghindari tubuh Anda dari kuman dan penyakit saat di tempat gym. (Foto: Danielle Cerullo/Unsplash.com)

Jakarta: Ketika berada di tempat umum, misalnya saja tempat gym kemungkinan Anda akan bersentuhan dengan banyak sekali barang-barang yang tentu saja belum dapat dipastikan tingkat sterilitasnya. 

Menurut Philip Tierno Jr., PhD, seorang profesor klinis mikrobiologi dan patologi di NYU Medical School mengatakan kepada Majalah Fitness bahwa bahkan ada mikroba seperti MRSA (bakteri resisten antibiotik yang dapat menyebabkan kulit berbahaya infeksi jika Anda bersentuhan dengannya) yang bersembunyi di pusat kebugaran Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghindari tubuh Anda dari kuman dan penyakit saat di tempat gym, dilansir dari Health.

1. Sering mencuci tangan
Menurut Dr Gustavo Ferrer, MD FCCP, seorang pulmonologist dan juga pendiri Cleveland Clinic Florida Cough Clinic, sebaiknya sering mencuci tangan agar terhindar dari virus penyakit ketika sedang berada di tempat gym. 

Dan menurut Center for Young Women's Health, Anda harus menyabuni seluruh tangan secara keseluruhan dan cuci tangan Anda setidaknya selama 20 detik.


(Menurut Dr Gustavo Ferrer, MD FCCP, seorang pulmonologist dan juga pendiri Cleveland Clinic Florida Cough Clinic, sebaiknya sering mencuci tangan agar terhindar dari virus penyakit ketika sedang berada di tempat gym. Foto: Gades Photography/Unsplash.com)

(Baca juga: Tips Sederhana untuk Wujudkan Kulit Sehat)

2. Banyak mengonsumsi sayur dan buah
Menurut Ferrer, mengonsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang cukup dapat membantu tubuh dalam menangkal kuman dan penyakit yang mungkin bisa terkena ketika Anda berada di tempat gym.

3. Tidur yang cukup
Jangan lupa untuk mendapatkan tidur yang cukup, ujar Ferrer. "Itu berarti tujuh hingga delapan jam setiap malam." Ia menekankan pentingnya memiliki waktu tidur yang cukup untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh ketika Anda pergi ke suatu tempat umum, salah satunya adalah tempat kebugaran.

Cobalah tidur dan bangun pada waktu yang konsisten setiap hari untuk meningkatkan kualitas tidur Anda yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

4. Jaga tubuh agar tetap terhidrasi
Ferrer merekomendasikan Anda untuk selalu membawa air minum agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Dengan mendapatkan asupan cairan yang cukup setiap harinya maka itu dapat membantu Anda dalam melawan dan mencegah penyakit yang masuk ke dalam tubuh Anda.

5. Menggunakan handuk sendiri
Menurut Dr Aaron Glatt, seorang dokter dari Mercy Medical Center mengatakan bahwa jika Anda tidak yakin akan tingkat higienitas handuk di tempat gym Anda, sebaiknya membawa handuk Anda sendiri yang tentunya sudah terjamin tingkat kebersihannya meskipun memang mungkin akan sedikit merepotkan harus membawa handuk sendiri.





(TIN)