Tips Sukses Menerapkan Baby Led Weaning

Pelangi Karismakristi    •    Senin, 14 Jan 2019 18:46 WIB
perkembangan anak
Tips Sukses Menerapkan Baby Led Weaning
Berikut ini adalah beberapa cara sukses menjalankan BLW. (Foto: Courtesy of Tesco)

Jakarta: Baby Led Weaning (BLW) menjadi satu cara makan yang diterapkan sejumlah orang tua pada bayinya. Apakah Anda juga berencana menerapkan BLW pada si buah hati?

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui apa manfaat menerapkan BLW. Menurut ahli gizi sekaligus penulis "Feeding Baby" Clancy Cash Harrison menyebut bahwa BLW bermanfaat untuk membantu meningkatkan perkembangan motorik bayi.

"Di antaranya melatih kemampuan mata, tangan, keterampilan mengunyah, ketangkasan dan kebiasaan makan yang sehat. BLW juga memberi kesempatan bayi untuk mengeksplorasi rasa, tekstur, aroma dan warna dari berbagai makanan," tutur Harrison.

Berikut ini adalah beberapa cara sukses menjalankan BLW, seperti dinukil dari Parents:

(Baca juga: Sempat Alami Engorgement, Andien Tetap Gigih Berikan ASI pada Anak)


(Menurut ahli gizi sekaligus penulis "Feeding Baby" Clancy Cash Harrison menyebut bahwa BLW bermanfaat untuk membantu meningkatkan perkembangan motorik bayi. Foto: Courtesy of Babygaga)

1. Tunggu sampai bayi siap
Anda harus memastikan bahwa si buah hati sudah bisa duduk di kursi tinggi, memiliki kekuatan leher yang baik dan dapat memindahkan makanan ke bagian belakang mulutnya dengan gerakan rahang atas dan bawah.

2. Tetap memberi ASI atau susu formula
Tetaplah berikan anak Anda asupan susu baik ASI maupun susu formula. "ASI atau susu formula akan terus menjadi sumber nutrisi terbesar pada bayi berusia 10 hingga 12 bulan," tutur seorang ahli gizi anak sekaligus penulis buku "Real Baby Food," Natalia Stasenko.

3. Mulailah dengan makanan lembut
Mulailah dengan makanan lembut. Misalnya saja buah-buahan matang, kuning telur yang dimasak, ikan, daging, abon, pasta yang dimasak dan sayuran adalah pilihan yang baik.

4. Siapkan makanan itu agar mudah digenggam
Potonglah makanan tersebut dengan bentuk memanjang, tipis, bulat atau bentuk lain yang sekiranya mudah digenggam bayi Anda.

5. Perhatikan asupan nutrisi
Pastikan Anda memberikan asupan makanan yang berkalori tinggi, mengandung zat besi, seng, protein, dan lemak sehat.

6. Siap untuk berantakan
Biarkan bayi Anda makan di meja saat makan keluarga. Anda juga perlu bersiap bila nampan makannya berantakan. Sebab tujuan BLW ini salah satunya adalah membiarkan si kecil mengeksplorasi makanan sendiri. Ini berarti ia akan menghancurkan atau menjatuhkan makanannya.




(TIN)