5 Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Datang Lagi

Torie Natalova    •    Sabtu, 22 Dec 2018 10:22 WIB
tips kesehatan
5 Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Datang Lagi
5 Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Datang Lagi (Foto: gettyimages)

Jakarta: Infeksi Saluran Kemih (ISK) seringkali terjadi pada wanita. Ini disebabkan karena wanita memiliki uretra yang lebih pendek sehingga bakteri dapat masuk jauh lebih mudah daripada melalui organ intim pria.

Gejala ISK umumnya seperti rasa terbakar saat buang air kecil, sering buang air kecil dalam jumlah sedikit dan nyeri di bagian intim.

Dokter umumnya akan memberikan obat antibiotik untuk membersihkan bakteri yang menyebabkan infeksi. Namun, ada obat alami dan sederhana yang dapat Anda konsumsi untuk mencegah infeksi saluran kemih datang kembali.

1. Minum jus cranberry
Jus cranberry dapat membantu mencegah ISK dengan membuat urin lebih asam dan mencegah bakteri berbahaya menempel ke dinding kemih. Lingkungan asam di urin membuat bakteri lebih sulit bertahan sehingga mengurangi kesempatan Anda terkena infeksi.

2. Menjaga kebersihan yang baik setelah berhubungan intim
Menjaga kebersihan dengan rajin membersihkan semua bagian tubuh wanita, juga pasangan terlebih setelah berhubungan seks. Bakteri dari berhubungan seksual adalah salah satu penyebab paling umum wanita terkena infeksi.

3. Batasi penggunaan antibiotik
Penggunaan antibiotik yang terlalu sering dapat menyebabkan lebih banyak bahaya dan mengarah pada ISK. Antibiotik dapat sebabkan diare yang memungkinkan bakteri masuk ke uretra. Saat melawan penyakit, antibiotik dapat menghapus bakteri baik dan buruk yang dapat membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.

4. Hindari produk kebersihan wanita dengan aroma dan bahan kimia
Memakai produk kewanitaan yang memiliki parfum juga bahan kimia dapat menyebabkan bakteri berkembang dalam tubuh.

5. Tetap terhidrasi
Minum banyak air akan membantu bakteri yang tidak diinginkan keluar dari tubuh Anda. Jangan menahan urine untuk waktu lama. Buang air kecil setiap dua atau tiga jam, dan segera cari toilet ketika ada rasa dorongan untuk buang air kecil.


(ELG)