Tiga Masalah pada Mata Akibat Diabetes

Torie Natalova    •    Kamis, 06 Dec 2018 09:00 WIB
diabetes
Tiga Masalah pada Mata Akibat Diabetes
Diabetes adalah salah satu faktor kunci yang menyebabkan perkembangan katarak. (Foto: Ilustrasi. Dok. Victorian Ameline/Unsplash.com)

Jakarta: Diabetes merupakan penyakit yang bisa bertahan seumur hidup Anda. Pola makan yang buruk dan kurangnya olahraga dapat menyebabkan diabetes, dan jika tidak ditangani dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

Diabetes menyebabkan tingkat gula darah seseorang menjadi sangat tinggi. Dalam kasus diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin. Pada diabetes tipe 2, tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau sel-sel tubuh tidak bereaksi terhadap insulin.

Jika diabetes dibiarkan, beberapa masalah kesehatan serius dapat terjadi termasuk tiga masalah yang berkaitan dengan mata Anda.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Alexandru Zdrobau/Unsplash.com)

(Baca juga: Komplikasi yang Mengancam Penderita Diabetes)

1. Katarak
Diabetes adalah salah satu faktor kunci yang menyebabkan perkembangan katarak. Orang dengan diabetes melitus secara statistik menghadapi risiko 60 persen lebih besar mengembangkan katarak.

2. Glaukoma
Retinopati diabetik terjadi ketika perubahan kadar glukosa darah menyebabkan perubahan pada pembuluh darah retina. Glaukoma disebabkan oleh cairan yang menekan saraf di bagian belakang mata.

Gejalanya seperti kehilangan penglihatan, penglihatan kabur atau lingkaran di sekitarnya dan nyeri di mata.

3. Penglihatan kabur
Kadar gula darah yang tinggi akibat diabetes, dapat menyebabkan lensa di mata membengkak yang dapat menyebabkan penglihatan kabur sementara. 






(TIN)