Hal-hal yang Memicu Depresi pada Ibu Pasca Melahirkan

Raka Lestari    •    Senin, 15 Oct 2018 11:39 WIB
kehamilan
Hal-hal yang Memicu Depresi pada Ibu Pasca Melahirkan
(Foto: Romper)

Jakarta: Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Anesthesiology menemukan penyebab depresi pada ibu pasca melahirkan, yakni berkaitan dengan rasa sakit yang dialaminya.

"Selama ini, orang-orang selalu memperhatikan bagaimana cara untuk mengatur rasa sakit ketika melahirkan, namun pemulihan mental dari rasa sakit setelah melahirkan dan persalinan cenderung diabaikan," ujar Jie Zhou, MD, MBA, penulis utama studi dan asisten profesor anestesi di Brigham and Women's Hospital dan Harvard Medical School. 

Penelitian ini menekankan untuk lebih fokus membantu ibu baru mengelola rasa sakitnya setelah melahirkan.

Gejala depresi pasca melahirkan, diantaranya adalah kesedihan yang sangat ekstrem, tingkat energi rendah, kecemasan, mudah menangis, marah dan perubahan pola tidur atau makan. Hal ini memengaruhi sekitar 1 dari 9 wanita, menurut Centers for Disease Control and Prevention  (CDC). 

Depresi pasca melahirkan juga dapat menyebabkan rendahnya produksi ASI dan ikatan yang buruk dengan bayi. 

Wanita yang melahirkan melalui operasi caesar dinilai lebih banyak mengalami sindrom pasca melahirkan. Begitu juga pada wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas, yang memiliki riwayat depresi, kecemasan atau sakit kronis, ukuran bayi lebih kecil, serta tingkat skor Apgar pada bayi yang rendah. 




(DEV)