Berenang Dapat Mengatasi Depresi

Torie Natalova    •    Senin, 15 Oct 2018 07:49 WIB
kesehatan
Berenang Dapat Mengatasi Depresi
Berenang diklaim dapat membantu mereka yang memiliki masalah kesehatan mental. (Foto: Haley Phelps/Unsplash.com)

Jakarta: Berenang kini tak hanya membantu mereka yang memiliki masalah pernapasan atau hanya sekedar mendapatkan tubuh yang bugar. Berenang juga diklaim dapat membantu mereka yang memiliki masalah kesehatan mental.

Di Inggris, satu dari empat orang mengalami masalah kesehatan mental setiap tahun. Diperkirakan 3,3 juta perenang di Inggris dengan depresi dan gangguan kecemasan, berenang setidaknya dua minggu sekali.

Lebih dari 400 ribu orang telah mengurangi kunjungan mereka ke ahli medis atau mengurangi pengobatan untuk mengelola kondisi mereka, dengan cara berenang teratur.

43 persen mengatakan berenang membuat mereka lebih bahagia, sementara lebih dari seperempat termotivasi menyelesaikan tugas sehari-hari dan 15 persen mengatakan hidup lebih mudah untuk dikelola.

(Baca juga: Tips Berenang di Alam Bebas)

Masalah kesehatan mental lebih sering dialami oleh wanita. Jika Anda lebih aktif, ada bukti yang bagus untuk menunjukkan kecenderungan ke arah tingkat depresi yang lebih rendah.

Bahkan, satu studi telah menemukan bahwa dengan meningkatkan aktivitas Anda untuk berolahraga setidaknya tiga kali seminggu, dapat mengurangi risiko depresi hingga 30 persen.

Olahraga teratur telah lama dianggap penting untuk penderita depresi dan kecemasan. Sebuah penelitian di awal tahun ini menemukan manfaat jalan-jalan untuk kesehatan mental dapat bertahan hingga tujuh jam.





(TIN)