Manfaat Sarapan dari Segi Fisiologis dan Psikologis

Raka Lestari    •    Minggu, 03 Feb 2019 08:13 WIB
makanan sehat
Manfaat Sarapan dari Segi Fisiologis dan Psikologis
Dengan mengonsumsi makanan saat sarapan, kita bisa merasakan manfaat yang lebih baik. (Foto Ilustrasi: Sonnie Hiles/Unsplash.com)

Jakarta: Kesibukan saat pagi hari terkadang membuat kita hanya sempat sarapan seadanya, misalnya hanya dengan minum secangkir teh atau kopi saja. Bahkan mungkin melewatkan sarapan, alias enggak sama sekali mengisi perut.

Padahal ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa aktivitas mengonsumsi makanan saat sarapan memiliki banyak manfaat. Tidak hanya manfaat dari segi fisiologis, yaitu dimana Anda merasa kenyang, namun sarapan juga memiliki manfaat dari segi psikologis.

"Dengan mengonsumsi makanan saat sarapan, kita bisa merasakan manfaat yang lebih baik, entah itu dari sisi fisiologis maupun psikologis dibandingkan jika hanya mengonsumsi minuman saja," ujar ahli gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes.

Baca juga: Berantas Lemak Perut dengan Gerakan Plank

"Proses pengolahan makanan berkaitan dengan keterampilan dan kemampuan koordinasi pergerakan motorik kasar di sekitar mulut yang tidak hanya menstimulasi organ pencernaan. Tetapi juga organ-organ lain termasuk jantung yang bertugas memompa darah," sambungnya.

Dengan meningkatnya peredaran darah, maka akan membuat distribusi oksigen dan zat-zat gizi menjadi lebih baik. Dengan demikian, kerja otak dan otot akan lebih baik.

"Karenanya, dengan mengonsumsi makanan kita tidak hanya bisa mengurangi rasa lapar tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif seperti daya ingat dan fokus," tambah Dr. Rita.

Lebih lanjut, Dr. Rita menambahkan bahwa proses pelumatan makanan dapat menurunkan hormon Grealin. Yaitu hormon yang berperan menstimulasi nafsu makan dan meningkatkan hormon Cholecytokinin yang mampu menurunkan nafsu makan.

"Dengan demikian, apabila kita mengonsumsi makanan saat sarapan maka kita bisa mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama. Karenanya, pilihlah menu sarapan dengan bijak misalnya berupa makanan yang mengandung multigrain, serat pangan, vitamin dan mineral," tutup Dr. Rita.


(FIR)