Alasan Anda Sulit Terlelap ketika Ada Orang Lain di Tempat Tidur

Raka Lestari    •    Kamis, 03 Jan 2019 16:55 WIB
tidur
Alasan Anda Sulit Terlelap ketika Ada Orang Lain di Tempat Tidur
Berikut ini adalah beberapa alasan dari segi ilmiah yang menyebabkan Anda sulit tidur ketika ada seseorang di tempat tidur. (Foto: Priscilla Du Preez/Unsplash.com)

Jakarta: Tidak peduli seberapa besar Anda mencintai pasangan Anda, tidak peduli seberapa cocok Anda tampaknya, berbagi tempat tidur dengan orang lain ternyata tidak semudah itu bagi sebagian orang.

Dan tentunya hal ini dapat mengganggu kualitas dan kenyamanan tidur Anda, yang pada akhirnya bisa membuat Anda kurang tidur.
Dan kurang tidur tentu bisa menjadi sesuatu yang tidak menguntungkan terutama dalam kegiatan Anda sehari-hari. Jika Anda mengalami hal ini, percayalah bahwa hal ini tidak sendirian.

Dikutip dari Bustle, berikut ini adalah beberapa alasan dari segi ilmiah yang menyebabkan Anda sulit tidur ketika ada seseorang di tempat tidur.

(Baca juga: Mengenal Sindrom Putri Tidur)

1. Suhu tubuh mereka mengganggu
Tubuh menghasilkan panas, dan bagi sebagian orang hal itu menjadi masalah yang nyata. "Banyak orang membutuhkan suasana yang lingkungan yang lebih dingin dibandingkan orang lain," ujar Dr Michael Breus, psikolog klinis dan dokter spesialis tidur.

"Secara umum, kita tahu bahwa lingkungan yang lebih dingin akan lebih baik untuk tertidur. Dengan adanya seseorang disebelah Anda yang menghasilkan panas, atau bahkan menyentuh Anda akan menyebabkan gangguan potensial."


(Beberapa alasan bisa membuat Anda tetap terjaga. Foto: Verne Ho/Unsplash.com)

2. Otak Anda menganggap sesuatu yang "baru" tersebut sebagai ancaman
"Pasangan Anda menyebabkan Anda merasa stres," kata Dr Els van der Helm, Pendiri Shleep. "Jika Anda 'baru' saja memiliki pasangan yang berbagi tempat tidur dengan Anda, mungkin Anda merasa sedikit khawatir dan dapat menyebabkan stres. Atau mungkin Anda berada di lingkungan yang baru yang dapat menyebabkan stres."

3. Kasur yang tidak tepat
"Mungkin alasan terbesarnya adalah Anda tidak memiliki kasur yang tepat," kata Brantner. "Kasur yang tidak tepat akan membuat Anda merasa setiap kali pasangan Anda bergerak, hal itu bisa membangunkan Anda jika Anda kurang tidur."   Memiliki posisi tidur yang tidak kompatibel juga dapat membuat Anda sulit tertidur atau tidur nyenyak.

4. Suara baru yang mengganggu
Pasangan Anda mungkin membuat suara ketika tidur, apakah itu besar atau kecil, dan itu bisa membuat Anda tetap terjaga.

"Pasangan tidur Anda mungkin membuat suara, suara yang tidak biasa Anda lakukan dan ini mungkin menyebabkan Anda bangun," kata Dr Van der Helm. Meskipun mendengkur pasti bisa membuat Anda tetap terjaga, itu juga bisa berupa suara lain atau suara bernapas yang mereka buat.

5. Perangkat elektronik mereka membuat tidur Anda terganggu
Tidak mengherankan bahwa perangkat elektronik dapat mengacaukan waktu tidur Anda. "Lampu dan perangkat elektronik bisa bermasalah jika Anda dan pasangan memiliki screen time yang berbeda," ujar Ginger Houghton, LMSW, CAADC, pemilik Bright Spot Counseling.  

"Karena elektronik dan paparan cahaya membuatnya lebih sulit untuk tidur, penting bagi pasangan untuk memiliki zona bebas perangkat elektronik untuk menghormati kebiasaan tidur satu sama lain."




(TIN)