Demam Saat Hamil Berisiko Lahirkan Anak Autis

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 15 Jun 2017 11:26 WIB
studi kesehatan
Demam Saat Hamil Berisiko Lahirkan Anak Autis
(Foto: upmc)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita yang terkena demam saat hamil memiliki risiko anak dengan autism spectrum disorder (ASD) lebih besar.

Penelitian yang dilakukan oleh Columbia University tersebut menemukan bahwa mereka yang mengalami demam selama trimester kedua 40 persen lebih mungkin memiliki anak dengan ASD. Semantara, mereka yang mengalami demam lebih dari tiga atau empat kali pada kehamilan di atas 12 bulan memiliki risiko tersebut 300 kali lebih besar.

Kesimpulan tersebut diambil dari beberapa studi sebelumnya yang menyebutkan bahwa infeksi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko anak autis karena respon imun ibu pada ifeksi dipercata dapat memengaruhi perkembangan sistem saraf pusat.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Molecular Psychiatry tersebut memantau 95.700 anak yang lahir pada tahun 1999-2009 di Norwegia dimana 583 anak didiagnosa dengan ASD. Sementara, 15.700 ibu dari anak-anak tersebut mengaku pernah mengalami demam minimal sekali selama kehamilan.

"Demam terlihat sebagai penggerak. Ketika seseorang terkena infesi, tubuh mereka sering mengalami demam sebagai bentuk perlawanan dan molekuk yang diproduksi oleh sistem imun ibu kemungkinan berdampak pada pekembangan otak bayi," ujar pemimpin studi Mady Hornig.

Demam adalah salah satu dari berbagi jenis infeksi, namun para peneliti belum meneliti lebih jauh tipe seperti apa yang bisa memicu ASD. Saat ini, percobaan sedang melihat pada sampel darah yang dikumpulkan selama masa kehamilan dan kelahiran untuk mengindentifikasi agen infeksi khusus yang menyebabkan komplikasi.


(DEV)