Jangan Tunggu Menangis, Ini Tanda-tanda Bayi Anda Lapar

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 14 Jun 2017 14:54 WIB
tips kesehatan
Jangan Tunggu Menangis, Ini Tanda-tanda Bayi Anda Lapar
(Foto: Netdoctor)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak seperti otang dewasa, bayi belum bisa mengungkapkan apa yang diinginkan secara jelas. Oleh karena itu, orang tua harus jeli memerhatikan perilaku si kecil agar tahu apa kebutuhan mereka.

Salah satu pertanda yang harus disadari orang tua adalah saat bayi lapar. Menurut dr Putri Maharani, Sp.A selaku perwakilan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) cabang DKI Jakarta, terdapat tiga tahap bayi lapar.

"Pertama, tahap 'saya lapar' dimana pertandanya adalah kepala gerak-gerak, mulut terbuka, dan kepalanya berputar-putar karena refleks mencari makanan," papar Putri yang penjelasannya direkam dalam salah satu seri video Edukasi Kesehatan Anak yang diluncurkan pada Rabu, 14 Juni 2017.

Tahapa selanjutnya, disebut dengan 'saya sangat lapar.' Dalam kondisi ini, bayi akan meregangkan kaki dan tangan serta banyak bergerak. Selanjutnya, ia akan mulai memasukkan tangan ke dalam mulut.

"Pada dua tahap di atas, bayi bisa langsung diberikan ASI saat menunjukkan pertanda," tambah Putri.

Tahap terakhir adalah tahap 'tenangkan saya dan berikan ASI' adalah pertanda yang paling kentara, yaitu bayi menangis. Tubuh bayi akan terus bergerak dan muka memerah. Jika sampai tahap ini, maka sebaliknya, bayi jangan langsung diberikan ASI.

Ibu harus menenangkan si kecil dengan cara memeluk atau membelai, sambil berbicara pada si kecil sebagai bentuk komunikasi. Setelah itu, barulah memberikan ASI agar mereka kenyang.


(DEV)