Pelembap Bibir yang Wangi Berpotensi Sebabkan Iritasi

Torie Natalova    •    Minggu, 17 Sep 2017 16:43 WIB
tips kesehatan
Pelembap Bibir yang Wangi Berpotensi Sebabkan Iritasi
(Foto: doterra)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini, ada beragam pilihan produk menawarkan lip balm untuk membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Kondisi bibir seperti ini dapat membuat pemakaian lipstik menjadi tidak sempurna.

Sayangnya, bibir kering justru bisa disebabkan oleh penggunaan lip balm itu sendiri. Beberapa bahan di dalamnya terkadang tidak diperlukan sehingga inilah yang justru bisa memicu bibir pecah-pecah semakin parah.

Bagian terpenting untuk membeli lip balm adalah kombinasi bahan-bahan yang bertindak seperti pelembap dan bahan-bahan yang memiliki manfaat seperti pelapis.

Anda sebaiknya memilih pelembap bibir yang berasal dari minyak shea butter atau evening primrose dan sealer yang memiliki tekstur seperti lilin lebah.

Salah satu langkah penting untuk melindungi dan menjaga bibir tetap sehat adalah memastikan produk pelembapp Anda memiliki tabir surya atau SPF. Tanpa disadari, sinar matahari dapat merusak lapisan bibir Anda.

Perhatikan bahan-bahan pelembap bibir Anda dan hindari tiga bahan di bawah ini karena dipercaya dapat mengiritasi kulit bibir.

1. Vitamin E

Ada beberapa orang yang memiliki alergi dengan bahan topical vitamin E. Jika Anda tidak mengetahui riwayat alergi terhadap vitamin E, demi keamanan sebaiknya hindari menggunakan produk yang mengandung vitamin E untuk melembapkan bibir Anda.

2. Mentol atau fenol

Bahan mentol atau fenol biasanya memang dapat memberi sensasi dingin pada bibir dan enak digunakan saat cuaca panas. Namun, bahan ini tidak dapat menyembuhkan bibir yang pecah-pecah. Bahan-bahan ini justru dapat menyebabkan iritasi dan membuat bibir menjadi lebih sensitif.

3. Pewangi atau perasa

Pelembap bibir dengan aroma permen karet atau buah-buahan memang lebih banyak disukai wanita. Tetapi, jika bibir Anda mengalami pecah-pecah, sebaiknya hindari menggunakan pelembap dengan perasa atau pewangi.

Banyak orang yang sebenarnya memiliki alergi atau reaksi lain terhadap wewangian yang ada dalam lip balm. Aroma pada lip balm membuatnya lebih wangi dan memikat untuk dipakai, tetapi sebenarnya ini adalah penyebab terbesar iritasi pada bibir.


(DEV)