5 Tanda Sebenarnya Tubuh Tidak Sehat

Torie Natalova    •    Kamis, 21 Sep 2017 11:26 WIB
kesehatan
5 Tanda Sebenarnya Tubuh Tidak Sehat
(Foto: The Morning Call)

Metrotvnews.com, Jakarta:  Ada banyak penyakit yang tidak memiliki gejala khusus. Oleh sebab itu, kita harus peka terhadap setiap perubahan yang terjadi pada kondisi tubuh. Misalnya jika sering pusing, sebaiknya tidak disepelekan. Begitu juga jika batuk tidak kunjung sembuh.

Beberapa ciri lainnya mengindikasikan kondisi tubuh yang tidak sehat, berikut seperti dilansir Cheat Seat.

1. Jari dan kuku tangan berubah warna

Cobalah untuk melihat kondisi jari dan kuku tangan serta kaki Anda. Perhatikan warna kuku dan jari Anda. Warna yang normal adalah kemerahan dan jika berubah warna menjadi pucat atau biru, bisa jadi pertanda adanya masalah dalam tubuh.

2. Suhu tubuh berubah-ubah

Kaki dingin begitupun dengan tangan, bisa jadi pertanda adanya masalah kardiovaskular. Secara khusus, tangan dan kaki yang dingin bisa berarti Anda mengalami masalah sirkulasi dan tubuh tidak mendapatkan aliran darah yang seharusnya.

3. Kondisi kulit memburuk

Kualitas kulit Anda menunjukkan tingkat kesehatan. Pola makan yang buruk mempengaruhi kualitas kulit. Jika Anda melihat ada noda seperti stretch mark, itu tanda ada sesuatu yang salah pada kesehatan Anda.

4. Bibir pecah-pecah

Secara khusus, kondisi bibir merupakan indikator tingkat vitamin Anda. Sehingga, jika bibir pecah-pecah itu tanda kekurangan vitamin. Pastikan Anda mendapat nutrisi yang sesuai kebutuhan, terlebih jika Anda sedang diet.

5. Masalah buang air

Cobalah untuk melihat warna urine Anda. Jika warnanya kuning pekat dan bau menyengat bisa jadi tanda ada masalah dalam tubuh. Kemudian, perhatikan juga jadwal buang air besar Anda. Jika Anda buang air besar tidak teratur dan keras, itu tanda tubuh kurang serat.




(DEV)