Tak Cuma Kaki, 7 Bagian Tubuh Ini juga Membengkak Saat Hamil

Raka Lestari    •    Rabu, 20 Sep 2017 15:22 WIB
kesehatan ibu
Tak Cuma Kaki, 7 Bagian Tubuh Ini juga Membengkak Saat Hamil
(Foto: umpc)

Metrotvnews.com, Jakarta:  Selama menjalani kehamilan, beberapa bagian tubuh Anda pasti ada yang berubah. Hal yang paling terlihat perubahannya adalah perut Anda yang terus melebar seiring dengan pertumbuhan bayi dalam perut.

Tubuh Anda akan menghasilkan lebih banyak jumlah darah dan cairan tubuh untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Semua cairan tubuh yang bertambah itu akan merata di seluruh tubuh dan terlihat paling jelas di tangan, kaki, dan wajah.

Tidak hanya itu saja, beberapa bagian tubuh di bawah ini juga akan mengalami pembengkakan selama proses kehamilan:

1. Kaki dan pergelangan kaki

Saat hamil, rahim Anda yang semakin membesar tersebut akan menekan anggota tubuh Anda terutama kaki dan pergelangan kaki.

"Saat rahim semakin membesar, menyebabkan tekanan pada pembuluh darah dan jaringan limfa, yang bertanggung jawab dalam proses sirkulasi darah," ujar Kameelah Phillips, M.D., seorang obgyn dari New York.

2. Bibir dan hidung

"Hidung mungkin terasa bengkak atau sesak karena pembuluh darah kecil di daerah sinus akan melebar seiring dengan peningkatan volume darah dan cairan," kata Dr. Phillips. Hal ini juga bisa menyebabkan rasa sesak atau bahkan hidung berdarah. Jika terjadi hal seperti ini datanglah kepada dokter Anda.

Sama halnya juga dengan bibir yang akan ikut membengkak. Untuk mengurangi pembengkakan bibir, bisa gunakan es batu pada area bibir Anda.

3. Gusi

Sama seperti hidung, gusi Anda bisa menjadi sensitif karena adanya penambahan volume jumlah darah dan cairan pada tubuh. Untuk mengurangi gusi berdarah, sebaiknya Anda sering melakukan kontrol rutin kepada dokter gigi Anda. Selama kehamilan, setidaknya Anda harus konsultasi dengan dokter gigi Anda satu kali.

4. Mata

Sherry Ross, M.D., seorang obgyn dan ahli kesehatan wanita dari California mengatakan bahwa semua bagian wajah termasuk mata membengkak dan membesar saat hamil. Tapi jangan khawatir, setelah Anda melahirkan kondisi mata Anda akan normal kembali.

5. Payudara

Untuk mempersiapkan proses laktasi, payudara Anda pun akan berubah. Perubahan pada payudara Anda bisa terlihat pada awal trimester kedua.

6. Jari dan pergelangan tangan

Ketika Anda sudah mencapai trimester ketiga, penambahan jumlah cairan dan darah dalam tubuh bisa menyebabkan jari-jari dan pergelangan tangan Anda membengkak.

7. Pembuluh darah

Dengan meningkatnya volume cairan dalam peredaran darah, ditambah dengan tekanan pada rahim, kelebihan cairan juga bisa menempel pada sistem peredaran darah yang menyebabkan varises.




(DEV)