Tips Tetap Bugar ketika Usia Memasuki 30 Tahun

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 23 Jun 2017 12:21 WIB
kalbe nutritionals
Tips Tetap Bugar ketika Usia Memasuki 30 Tahun
(Getty Image)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menginjak usia 30 tahun, kondisi tubuh mulai menunjukkan penurunan. Namun jika tetap aktif, tubuh akan tetap bugar bahkan bisa terhindar dari berbagai penyakit. Salah satunya, osteoporosis.

Pada usia kepala empat, Anda akan kehilangan satu persen otot setiap tahunnya. Jenis latihan yang tepat dapat mencegah kehilangan otot dan menunda penurunan fungsi kognitif akibat proses penuaan.

Hal ini menjadi tantangan berat bagi mereka yang tidak aktif bergerak ketika telah berusia 30 tahun. Oleh karena itu, demi kebugaran dan kesehatan, lawan rasa malas berolahraga. 

Tidak perlu latihan berat sebagai langkah awal. Anda cukup melakukan lima latihan ringan setiap hari, yaitu:
1. Joging
2. Berjalan cepat
3. Push up dan sit up
4. Peregangan ringan untuk seluruh bagian tubuh seperti pinggang, paha, dan bahu
5. Treadmill

Menurut ahli kebugaran Alkhas Joesph, mereka yang baru aktif kembali berolahraga sebaiknya memulai latihan kebugaran secara bertahap. "Bagi mereka  yang sudah lama tidak aktif, penting untuk memberi waktu bagi tubuh, dan hasilnya akan terlihat secara otomatis," ujar Joesph.

Hal serupa dikatakan ahli kebuguran Yasmin Karachiwala. Penting untuk mengetahui kondisi tubuh pada usia 30 tahun. "Penting bagi mereka untuk memahami bahwa ini adalah sebuah proses. Karena kepadatan tulang memasuki usia 30 mulai menurun, maka berolahraga akan membantu Anda merasa energik sekaligus mengembangkan kekuatan otot," kata Yasmin.

Ahli kebugaran lainnya, Neeraj Mehta, juga berbicara mengenai pentingnya latihan kardio untuk menjaga kesehatan jantung, serta angkat beban untuk memperkuat tulang dan otot. 

Selain rutin berolahraga, seseorang yang telah menginjak usia 30 perlu memerhatikan kebutuhan nutrisi harian agar tubuh tidak mudah lesu. Oleh karena itu, untuk menjamin terpenuhinya nutrisi harian, Anda dapat mengonsumsi Entrasol. 
Entrasol mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, yakni Hytolive sebagai antioksidan alami, P-Bone untuk menjaga kepadatan tulang, Omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sendi, Hi-Fiber untuk menjaga kesehatan pencernaan, serta kandungan 1o vitamin dan 5 mineral. Entrasol pun lebih sedikit mengandung lemak sehingga Anda tidak perlu khawatir berat badan akan melonjak.



(ROS)