Bahaya Konsumsi Pil Diet pada Remaja

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 25 May 2017 11:04 WIB
diet
Bahaya Konsumsi Pil Diet pada Remaja
Sebuah penelitian menemukan bahwa pil diet tak aman bagi semua kalangan umur, terutama remaja, karena memiliki kandungan racun kimia. (Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah anak perempuan Anda mengonsumsi pil untuk bisa cepat kurus? Jika demikian, segera hentikan kebiasaan tersebut karena dapat membahayakan hormon, pertumbuhan dan kesehatan mental.

Sebuah penelitian menemukan bahwa pil diet tak aman bagi semua kalangan umur, terutama remaja, karena memiliki kandungan racun kimia. Pil tersebut mengganggu sistem tubuh dan dapat menyebabkan kekurangan nutrisi, terutama besi dan kalsium.



"Pada anak yang sedang tumbuh dan remaja, reduksi marginal dalam hal asupan energi dapat berkaitan dengan penurunan pertumbuhan," demikian menurut Canadian Pediatric Society seperti dikutip dailymail.co.uk.

Pil penurun berat badan dianggap sebagai solusi tercepat untuk menurunkan bobot tubuh sehingga sesuai dengan citra tubuh yang diinginkan. 

(Baca juga: Bakar Lemak dan Dapatkan Perut Rata dengan Cara Ini)

Namun, terdapat efek samping berbahaya seperti meningkatnya detak jantung, pingsan, pendarahan tak normal, dan serangan jantung. Bahkan, pil tersebut dalam beberapa kasus dapat merobek jalur perut hingga menyebabkan kematian.

Penelitian dari University of Minnesota tersebut juga menyebutkan bahw 63 persen remaja perempuan melakukan perilaku kontrol berat badan yang tak sehat untuk mendapatkan tubuh langsing. Sementara itu, 22 persen remaja wanita menggunakan perilaku yang sangat tak sehat.

Penggunaan pil diet sendiri mengalami peningkatan signifikan dalam lima tahun terakhir, dari 7,5 persen menjadi 14,2 persen pada tahun 2006.

Padahal, para peneliti lebih menganjurkan melakukan aktivitas sehat lain untuk menurunkan berat badan seperti olahraga, mengubah pola makan, minum lebih banyak air putih, dan meditasi. 








(TIN)