Cara Mudah untuk Bahagia

Yatin Suleha    •    Jumat, 14 Apr 2017 14:35 WIB
psikologi
Cara Mudah untuk Bahagia
Salah satu cara lain untuk mendapatkan bahagia bisa dengan membeli pengalaman. (Foto: Pinterest/Instagram.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bahagia dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan). Dan beberapa cara di bawah ini bisa Anda lakukan untuk mencapai kebahagiaan.

Seperti studi yang dilakukan oleh Harvard Business School, Cornell study, dan paparan Shawn Achor melalui beberapa cara seperti di bawah ini:



1. Berdonasi
Berdonasi sebesar 500 dollar AS menurut studi dari Harvard Business School sama efeknya pada perasaan Anda mendapatkan uang sebesar 10.000 dollar AS.

Studi lainnya juga mengatakan bahwa berdonasi dengan nilai yang lebih kecil dapat membuat orang merasa bahagia.

(Baca juga: 6 Tips Menjalin Hubungan Bahagia)



2. Membeli pengalaman
Cornell study pada tahun 2014 menunjukkan bahwa tidak selalu Anda harus membeli tas jinjing ratusan juta untuk merasa bahagia. Salah satu cara lain untuk mendapatkan bahagia bisa dengan membeli pengalaman.

Artinya, Anda sengaja melakukan kegiatan di luar tugas keseharian Anda, seperti ikut menari Kecak di Bali, menonton band kesukaan Anda di luar negeri, atau melakukan perjalanan ke desa pedalaman misalnya Baduy atau ke desa Ugimba di pedalaman Papua.



3. Memuji seseorang satu kali sehari
Tidak sulit untuk Anda memuji orang lain, ini bahkan bisa dilakukan dalam dunia digital seperti, Facebook, Tweeter, Instagram, dan lainnya. 

Shawn Achor mengatakan dalam Oprah.com bahwa ketika Anda melakukanya selama 21 hari berturut-turut, dilaporkan dalam studi, orang tersebut memiliki level dukungan sosial yang lebih dalam, dan mampu membahagiakan diri Anda sendiri. "Termasuk juga bisa memperpanjang usia Anda," tutup Achor.






(TIN)