Tips Sederhana Menurunkan Berat Badan Tanpa Membatasi Asupan Makanan

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 24 Aug 2017 11:07 WIB
diet
Tips Sederhana Menurunkan Berat Badan Tanpa Membatasi Asupan Makanan
Menimbang berat badan secara rutin dapat memotivasi Anda untuk terikat pada makan sehat dan perilaku olahraga. (Foto: Bewakoof/Unsplah.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan tanpa membatasi atau menghindari jenis makanan tertentu, cobalah trik satu ini: menimbang berat badan setiap hari.

Sebuah studi dari Drexel University dan University of Pennsylvania meneliti 294 mahasiswi tingkat pertama dan menemukan bahwa mereka yang menimbang berat badan setiap hari selama dua tahun mengalami penurunan indeks massa tubuh (IBM) dan lemak tubuh dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. Padahal, para partisipan tersebut sedang tak dalam program penurunan berat badan.



Faktanya, sebuab penelitian tahun 2009 menemukan bahwa 70 persen mahasiswa tahun pertama mengalami kenaikan berat badan.

Namun, dengan menimbang berat badan tiap hari, para wanita tak hanya menghindari kenaikan berat badan namun juga mengalami penurunan secara signifikan. Sementara, mereka yang tak melakukan hal serupa hanya mengalami sedikit perubahan BMI.

(Baca juga: 5 Rahasia Sukses Menurunkan Berat Badan)

"Penurunan BMI dan lemak tubuh tergolong sedang, namun tetap signifikan, terutama pada wanita yang tak sedang melakukan program diet," ujar pemimpin studi Diane Rosenbaum, PhD.

Ia mengungkapkan, hal tersebut di luar perkiraan dimana saat tidak dilakukan intervensi penurunan berat badan justru berat badan menurun.

Para peneliti tak menyatakan secara gamblang bahwa menimbang berat badan setiap hari dapat menurunkan berat badan, namun hal tersebut dapat lebih memotivasi tubuh.



"Menimbang berat badan secara rutin dapat memotivasi Anda untuk terikat pada makan sehat dan perilaku olahraga, karena hal tersebut membuktikan bahwa perilaku tersebut efektif dalam menurunkan berat badan atau mencegah kenaikan berat badan," tukas Meghan Butryn, PhD, asisten profesor di College of Arts and Sciences at Drexel.

"Singkatnya, jika Anda melihat berat badan dalam skala, informasi tersebut dapat memotivasi Anda untuk membuat perubahan." Fluktuasi berat badan adalah normal dimana penambahan sedikit pada hari sebelumnya biasanya dipengaruhi oleh retensi air, kapan terakhir kali buang air, apa yang dimakan semalam, dan siklus haid. 










(TIN)