Bolehkah Menambahkan Es Batu ke Dalam Jus Buah?

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 11 Jul 2017 17:26 WIB
kesehatan
Bolehkah Menambahkan Es Batu ke Dalam Jus Buah?
(Foto: Pixnio)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit orang yang mencampurkan es batu ke dalam jus buah agar lebih segar saat diminum. Namun baikkah kebiasaan tersebut?

Menurut ahli gizi Priya Kathpal, hal tersebut tak akan memberi dampak buruk pada kesehatan.

"Anda pasti pernah mendengar adanya efek samping dari minum jus buah yang dicampur dengan es batu, namun itu semua salah. Itu hanya mitos. Anda akan baik-baik saja," tukasnya, seperti dilansir The Health Site.

Terkait nutrisi, es batu tentu akan mengurangi nutrisi pada jus buah, terutama jika mencair. Apalagi, tak jarang bila memesan di rempat makan, komposisi yang diberikan adalah 3/4 gelas berisi es batu. Artinya, asupan jus buah tentunya hanya sedikit yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, mintalah agar dibuatkan jus dengan komposisi es batu lebih sedikit.

Hal lain yang umumnya dipertanyakan terkait kebiasaan minum tersebut adalah peningkatan suhu badan setelahnya. Menurut Ayurveda (ilmu kesehatan dari India), konsumsi sesuatu yang dingin dapat mengurangi suhu tubuh.

Pada dasarnya, panas tubuh mengikuti metabolisme tubuh. Jika panas tubuh terlalu tinggi, maka akan terjadi gangguan metabolisme yang berujung pada ketidakseimbangan tubuh dengan efek jerawat, mulas, diare, dan kulit memerah.

"Banyak minum cairan dingin dapat menurunkan suhu tubuh dan mengurangi panas tubuh secara efisien," pungkas Kathpal.

 


(DEV)