Studi: Kakak Riskan Tularkan Flu pada Adik yang Masih Bayi

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 29 Sep 2017 13:01 WIB
kesehatan anak
Studi: Kakak Riskan Tularkan Flu pada Adik yang Masih Bayi
Flu adalah masalah serius pada bayi karena dapat menyebabkan infeksi paru dan kesulitan bernapas. (Foto: Sabrina Walsh Photography/Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa bayi yang berusia di bawah 6 bulan memiliki risiko mengalami flu dua kali lebih besar jika mereka memiliki saudara kandung yang lebih tua.

Flu adalah masalah serius pada bayi karena dapat menyebabkan infeksi paru dan kesulitan bernapas. Selain itu, demam yang merupakan gejala awal dapat memicu terjadinya kejang demam. 

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat satu opname tambahan dari seribu bayi berusia di bawah 6 bulan yang memiliki kakak, dibandingkan bayi yang tak memiliki saudara. 



Sementara, studi yang dipublikasikan dalam European Respiratory Journal tersebut menyebutkan bahwa pada bayi yang memiliki dua kakak, terdapat dua tambahan opname di rumah sakit untuk setiap seribu bayi. 

(Baca juga: Ini Perbedaan Flu dengan Pilek Biasa)

"Anak adalah penular yang sangat efektif untuk virus pernapasan seperti flu. Studi kami menunjukkan bahwa kakak berisiko besar menularkan infeksi tersebut pada adik mereka yang masih bayi," tukas pemimpin studi Pia Hardelid, dosen di University College of London. 

Selanjutnya, risiko tersebut juga tergolong lebih besar pada bayi yang lahir antara bulan Juli dan Desember, yang merupakan awal musim flu. 



"Saat ini belum ada vaksin yang disetujui untuk bayi berusia di bawah 6 bulan. Ini artinya, kita perlu mencari cara untuk meminimalkan risiko infeksi," tukas Hardelid. 

Ia menambahkan, memiliki anak berusia lebih besar, sekitar 2 tahun ke atas, yang telah divaksinasi membantu mengurangi risiko infeksi pada adik mereka yang masih bayi. 









(TIN)