3 Tanda Tubuh Kekurangan Karbohidrat

Nia Deviyana    •    Rabu, 12 Jul 2017 18:34 WIB
kesehatan
3 Tanda Tubuh Kekurangan Karbohidrat
(Foto: The Lean Body)

Metrotvnews.com, Jakarta: Karbohidrat adalah sumber makanan kedua yang seringkali dibatasi asupannya setelah lemak. Padahal, pemenuhan kebutuhan secara seimbang penting untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan.

Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh. Pada beberapa organ utama seperti otak, lensa mata dan sel saraf, energi didapatkan dari glukosa dan tidak dapat digantikan dengan sumber lainnya.

Jadi, kekurangan asupan karbohidrat dapat memicu beberapa gangguan seperti dilansir Prevention berikut ini.

1. Cepat lelah

Pernahkah Anda kelelahan? padahal baru sebentar saja berolahraga atau beraktivitas. Jika itu yang Anda alami, itu artinya Anda kekurangan asupan karbohidrat. Ada pun sumber karbohidrat tak selalu berasal dari nasi. Agar ada variasi, Anda bisa mengombinasikan nasi dengan pisang, apel, atau singkong.

2. Pusing

Ketika tubuh membakar lemak untuk memperoleh energi, tubuh akan menghasilkan molekul yang disebut keton yang akan keluar lewat urine dan menyebabkan dehidrasi. Hal ini bisa membuat Anda pusing.

3. Mudah flu

Karbohidrat membantu tubuh memproduksi antibodi untuk melawan penyakit. Tak heran, kekurangan karbohidrat bisa membuat Anda lebih rentan terserang penyakit, terutama flu. Kentang manis merupakan salah satu sumber karbohidrat yang membantu tubuh tetap sehat.




(DEV)