Merajut dan Memasak Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 26 Nov 2016 19:03 WIB
kesehatan
Merajut dan Memasak Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental
Merajut dan Memasak Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa hobi klasik seperti merajut, membuat roti, atau melukis tak hanya menyenangkan untuk dilakukan, namun juga dapat meningkatkan kesehatan mental.

Penelitian yang dilakukan pada 658 pelajar tersebut mengungkapkan bahwa setelah melakukan kegiatan yang membutuhkan keahlian tersebut, mereka menjadi lebih senang dan bahagia serta lebih berenergi pada hari berikutnya.

Merajut dan memasak sudah sejak lama dijadikan sebagai terapi alami, namun para peneliti juga memasukkan keahlian lain seperti merenda, bermain musik, melukis, menggambar, desain digital, dan penulisan kreatif sebagai aktivitas bermanfaat.

Hasil dari studi yang dilakukan oleh Otago University, Selandia Baru ini meminta bantuan dari anggota Women's Institute yang selalu melakukan kegiatan tradisonal tersebut.

"Anggota WI sangat menikmati kegiatan tersebut sejak pertemuan pertama di tahun 1915, senang mengetahui bahwa studi ini menemukan bukti bahwa keahlian-keahlian tersebut dapat meningkatykan kesejahteraan dan kreativitas," tukas Janice Langley, pemimpin dari Federasi Nasional Women's Institute.

Seperti efek domino, hobi klasik ini juga ikut memengaruhi hari-hari berikutnya.

"Terlibat dalam perilaku kreatif mengarah ke peningkatan kesejahteraan pada hari berikutnya, dan ini peningkatan kesejahteraan tersebut kemungkinan memfasilitasi kegiatan kreatif pada hari yang sama," jelas penulis utama studi tersebut, Dr Tamlin Connor.





(ELG)