Minuman untuk Menetralisir Asam Lambung

Nia Deviyana    •    Minggu, 01 Jan 2017 18:02 WIB
tips kesehatan
Minuman untuk Menetralisir Asam Lambung
(Foto: The Times)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyakit naiknya asam lambung, atau dalam istilah medis disebut GERD, memang sering dianggap penyakit sepele bagi sebagian orang.

Padahal, GERD termasuk penyakit kronis, yang bila tidak segera ditangani bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang berujung pada kematian.

Dr. Ari Fahrial Syam, MD.PhD, FACP, spesialis Gastrologi dari FKUI memaparkan gejala GERD yang paling menonjol.

"Yang paling umum ditandai rasa nyeri atau panas seperti terbakar di sekitar dada. Kondisi ini disebut dengan heart burn, kemudian diikuti dengan gejala lain seperti mulut memahit karena naiknya asam lambung," terangnya.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat seseorang menderita GERD. "Bisa karena kegemukan, kebanyakan makan cokelat, keju atau lemak tinggi, rokok, alkohol. Bisa juga orang itu punya kebiasaan makan dua jam sebelum tidur," lanjut Dr. Ari.

GERD dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti munculnya lesi pra-kanker, erosi gigi, penyakit tenggorokan kronis (faringitis), asma, hingga paru-paru (Fibrosis paru Idiopatik). Hal ini terjadi karena asam lambung yang naik akan menyebabkan bagian-bagian yang terkena menjadi luka.

"Nah, komplikasinya memang macam-macam. Asam lambung ini kan normalnya ada di lambung. Tapi, bisa juga naik ke kerongkongan, terus balik arah sampai paru-paru. Ini yang membuat pita suara orang jadi serak, atau kalau naik ke paru-paru bisa jadi sesak napas," imbuhnya.

Jika mengalami keluhan seperti yang disebutkan, Dr. Ari menyarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Nantinya, pasien biasanya akan diberikan obat anti sekresi asam lambung.

Lebih lanjut, dilansir dari Medical News Today, ada beberapa minuman yang harus dihindari penderita GERD.

1. Alkohol dan minuman berkarbonasi

Alkohol dapat merangsang lambung untuk memproduksi asam lebih banyak. Sementara minuman berkarbonasi akan membuat perut terasa penuh dan tak nyaman.

2. Minuman berkafein

Kafein memperburuk kadar asam di lambung. Mminuman berkafein terdapat pada kopi, teh, dan soda. Mengurangi minuman ini membantu meminimalisir gejala.

3. Cokelat

Beberapa jenis cokelat mengandung kafein yang dapat meningkatkan gejala asam lambung. Hindari cokelat dalam bentuk minuman cokelat panas.

4. Jus buah citrus

Jus yang terbuat dari buah citrus rentan memperburuk kondisi pasien GERD.

Kebalikan minuman di atas, minuman ini justru bisa meminimalisir gejala asam lambung.

1. Teh jahe

Jahe adalah penenang perut yang alami, yang dapat membantu mengurangi produksi asam lambung. Gunakan madu sebagai pemanis terbaik.

2. Yogurt

Produk susu terkadang efektif mengurangi gejala GERD. Namun, disarankan minum yogurt dengan rasa tawar, bukan yogurt dengan rasa buah.

3. Susu

Susu rendah lemak dapat meringankan gejala. Sebaliknya, susu dengan kandungan lemak tinggi dapat memperburuk gejala. Susu almond juga efektif karena cara kerjanya yang mampu menetralisir keasaman.

 


(DEV)