Mengapa Bisa Tumbuh Uban pada Rambut?

Torie Natalova    •    Minggu, 27 Nov 2016 10:51 WIB
tips kesehatan
Mengapa Bisa Tumbuh Uban pada Rambut?
(Foto: Inquistr)

Metrotvnews.com, Jakarta: Semakin bertambahnya usia, rambut akan menjadi putih atau munculnya uban. Sebuah studi menemukan bahwa sekitar 74 persen orang yang berusia antara 45 da 65 tahun memiliki setidaknya beberapa rambut uban.

Bagaimana uban bisa tumbuh pada rambut?

Rambut kita berwarna putih saat kita berada di dalam rahim ibu, dan ketika melanosit mulai terbentuk, rambut kita mengambil warna alami, apakah itu hitam, cokelat, merah, pirang atau kombinasi lain bergantung pada jumlah, jenis dan jumlah melanin di lapisan tengah batang rambut yang bekerja untuk pigmentasi rambut Anda.

Melanosit terus memperkenalkan melanin ke keratin rambut, dan ini memberikan kita warna rambut saat dilahirkan. Seiring berjalannya waktu, enzim yang disebut telomerase memperlambat produksi melanin dan ini menyebabkan rambut menjadi lebih terang.

Kapan uban mulai tumbuh?

Uban bisa muncul sejak usia 30 tahunan. Tetapi, ini tidak berarti rambut Anda akan mulai memutih semua. Pakar rambut Dr. Alan Bauman mengatakan, ketika rambut Anda mulai memutih, ini hanya ditentukan oleh genetika dan usia saja.

Mirip dengan rambut rontok, rambut uban merupakan hasil genetika. Cobalah untuk tanyakan pada orang tua kapan pertama kali muncul uban di rambut. Ini bisa memprediksi kapan rambut Anda mulai memutih.

Uban adalah sebuah proses dan proses biasanya mengikuti pola. Uban pertama akan muncul di sekitar pelipis dan perlahan bergerak ke atas di sekitar kulit kepala.

Menurut Dr. Alan Bauman, stres juga bisa memicu percepatan tumbuhnya uban di rambut. Stres, memiliki dampak yang siginifikan pada kesehatan rambut Anda. Selain stres, merokok, diet, kurang tidur dan gaya hidup buruk lainnya dapat mempercepat tumbuhnya uban.

Dokter kulit Dr. Jill Waibel mengatakan, beberapa kondisi medis juga bisa memicu uban. Seperti, sindrom Werner, anemia pernisiosa, penyakit tiroid autoimun atau down syndrome. Kekurangan vitamin B12 dan kelainan pada kelenjar hipofisis juga bisa mempercepat uban.

Beberapa orang memilih mencabut uban untuk mengatasinya. Memang, ada mitos yang mengatakan jika Anda sekali mencabut uban, ini akan membuatnya tumbuh lebih banyak. Namun, peneliti kosmetika Randy Schueller mengatakan, ketika Anda mencabutnya, folikel rambut akan tetap berada di tempatnya dan akan tumbuh rambut baru lagi.

Tetapi, terlalu sering mencabut rambut akan membuat folikel rusak. Ini berarti rambut Anda lama kelamaan akan botak karena rambut tidak bisa tumbuh lagi.

Bagaimana cara mengatasinya?

Uban dapat dihentikan ataupun diperlambat proses pertumbuhannya. Beberapa bahan terbaik dapat melawan tumbuhnya uban seperti kafein dan niacinamide, yang dikenal karena memiliki sifat anti penuaan di kulit. Tetapi, saran terbaik untuk mencegah tumbuhnya uban adalah menjaga kesehatan rambut Anda.

Uban biasanya lebih sering terjadi pada pria. Uniknya, meski rambut di kepala Anda mulai tumbuh uban, ini tidak diikuti dengan rambut di bagian tubuh lain seperti kaki, ketiak hingga organ genital.

 


(DEV)