Hasil Studi: ASI Berperan sebagai Vaksin Tuberkulosis

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 13 Oct 2016 11:28 WIB
studi kesehatan
Hasil Studi: ASI Berperan sebagai Vaksin Tuberkulosis
(Foto: Mirror)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan, air susu ibu (ASI) tak hanya berkhasiat menguatkan imunitas tubuh bayi, tetapi juga mampu melawan jenis penyakit tertentu seperti tuberkulosis (TB) karena berperan sebagai vaksin.

"Beberapa jenis vaksin tak aman untuk bayi baru lahir dan terkadang justru tak bekerja sebagaimana mestinya," ujar pemimpin penelitian Ameae Walker, profesor di University of California, Riverside School of Medicine, Amerika Serikat.

Menurutnya, daripada memberikan vaksin pada perempuan sebelum atau saat hamil, transfer sel imun saat menyusui dapat menjamin proteksi pada bayi lebih dini. Para peneliti telah lama mengetahui bahwa ASI memyediakan proteksi imun yang yang dapat melawan beberapa jenis infeksi melalui transfer antibodi, atau lebih dikenal dengan imunitas pasif.

Penelitan terbaru yang diterbitkan Journal of Immunology menunjukkan, ASI juga berkontribusi pada perkembangan sistem imunitas pada bayi itu sendiri dengan yang disebut dengan imunitas edukasional maternal.

"Sel imun maternal khusus dalam ASI melewati dinding usus bayi untuk memasukkan organ imun yang disebut timus. Sekali timus masuk, maka organ tersebut akan 'mendidik' sel yang sedang berkembang untuk melawan organisme penyebab infeksi yang sudah kebal pada sang ibu" tambahnya.

Penelitian yang diuji coba pada tikus tersebut diperkirakan akan menunjukkan hasil yang sama pada anak manusia.

Salah satu jenis bakteri infeksi yang diuji coba adalah organisme penyebab tuberkulosis. Umumnya, bayi yang langsung disuntikkan vaksin TB tidak menunjukkan respons yang baik.

"Kami harap, dengan memberi vaksin kepada sang ibu (yang nantinya akan merawat sang bayi) akan terjadi peningkatan imunitas bayi dalam melawan TB," harapnya.
 
 



(DEV)