Munculnya Jerawat Pertanda Kulit Semakin Muda?

Torie Natalova    •    Senin, 14 Nov 2016 16:35 WIB
kesehatan
Munculnya Jerawat Pertanda Kulit Semakin Muda?
Ingatlah bahwa munculnya jerawat bisa jadi pertanda kulit Anda menjadi lebih muda. (Foto: Rodalewellness)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jerawat seringkali muncul tiba-tiba dan mengganggu penampilan Anda. Karenanya, tak sedikit dari Anda membenci kehadiran jerawat di wajah. Padahal, munculnya jerawat ini bisa menjadi pertanda bagi tubuh Anda.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology, mereka yang menderita dengan kemunculan jerawat cenderung memiliki telomeres yang lebih panjang (nukleotida yang ditemukan di ujung kromosom) dalam sel darah putih. Dengan kata lain, sel-sel tersebut lebih terlindungi dari penuaan.

(Baca juga: 5 Ramuan Alami Untuk Mengatasi Jerawat)

Studi ini melihat telomere sel darah putih dari 1.205 pasangan kembar, seperempat dari mereka memiliki jerawat.

"Selama bertahun-tahun dermatologis telah mengidentifikasi bahwa penderita kulit berjerawat mengalami penuaan yang lebih lambat dibanding mereka yang tidak pernah berjerawat seumur hidupnya," kata Simone Ribero, Dokter Kulit di King's College London dan penulis utama studi.

Dia mencatat bahwa penyebab jerawat tidak terlalu jelas (walaupun banyak yang mengaitkan jerawat dengan produksi minyak berlebih).

"Temuan kami menunjukkan bahwa penyebabnya dapat dikaitkan dengan panjang telomere, yang tampaknya berbeda-beda pada setiap orang dan berarti sel-sel mereka dapat terlindungi dari penuaan. Dengan melihat biopsi kulit, kami mampu menilai untuk memahami ekspresi gen yang berkaitan dengan ini," kata Dokter Ribero.

Kondisi ini patut Anda ingat ketika kesal dengan munculnya jerawat di wajah. Ingatlah bahwa munculnya jerawat bisa jadi pertanda kulit Anda menjadi lebih muda.







(TIN)

Video /