Diabetes Tak Terkontrol Timbulkan Masalah Reproduksi

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 08 Nov 2016 19:02 WIB
kesehatan
Diabetes Tak Terkontrol Timbulkan Masalah Reproduksi
Pada pria, dampak yang dapat ditimbulkan adalah diafungsi ereksi dimana gangguan terdapat pada saraf dan pembuluh darah alat kelamin tersebut. (Foto: I.huffpost)

Metrotvnews.com, Jakarta: Diabetes adalah gangguan metabolik yang disebabkan oleh tingginya gula dalam darah akibat resistensi insulin dalam tubuh. Berbagai penyakit komplikasi timbul akibat penyakit yang menempati peringkat tertinggi kelima di dunia tersebut, termasuk gangguan reproduksi pada wanita dan pria.

"Diabetes tak terkontrol dapat menganggu proses pematangan telur pada wanita sehingga dapat mengganggu (proses reproduksi)," tukas ahli endokrin-metabolik-diabetes Dr. dr. Rr. Dyah Purnamasari Sulistianingsih, SpPD-KEMD dalam konferensi pers Jakarta Diabetes Meeting (JDM) 2016, Selasa (8/11/2016).

(Baca juga: Manfaat Pemantauan Glukosa Darah Mandiri dalam Pengelolaan Diabetes)

Pada pria, dampak yang dapat ditimbulkan adalah diafungsi ereksi dimana gangguan terdapat pada saraf dan pembuluh darah alat kelamin tersebut.

Pada dasarnya diabetes menyebabkan adanya tambalan atau tempelan pada pembuluh darah sehingga terjadi penyempitan dan darah yang mengalir pun tak lancar karena harus berkelok karena terhambat. Hal tersebutlah yang menyebabkan ereksi menjadi tak maksimal.

Diabetes juga berpotensi menyebabkan pengapuran pada pembuluh darah sehingga lagi-lagi dalam hal ini aliran menjadi terhambat dan memberi dampak tak baik dalam proses reproduksi.

Selain itu, penyakit yang kini diderita oleh lebih dari 9,1 juta penduduk Indonesia tersebut juga mengganggu sistem kerja hormon testosteron yang berperan penting dalam pematangan sel sperma. 






(TIN)