3 Kandungan dalam Pelembab Bibir yang Perlu Diwaspadai

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 20 Nov 2016 11:44 WIB
tips kesehatan
3 Kandungan dalam Pelembab Bibir yang Perlu Diwaspadai
(Foto: Good Housekeeping)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelembab bibir adalah salah satu solusi praktis bagi mereka yang mengalami bibir kering. Namun ternyata, sebagian kandungan dalam alat kosmetik ini dapat membahayakan kesehatan bibir Anda.

"Hal penting yang perlu diketahui saat membeli pelembab bibir adalah mencari kombinasi bahan yang melembabkan dan menyegel," ujar Diane Madfes, MD, juru bicara American Academy of Dermatology yang praktek di Madfes Aesthetic di New York.

Suhu bibir yang hangat membuat pelembab meleleh sehingga bahan pelembab dapat diserap oleh bibir yang kering dan komponen penyegel dapat melindungi bibir dengan lapisan yang mencegah kehilangan air akibat penguapan.

Oleh karena itu, ia menyarankan untuk mencari produk pelembab bibir yang terbuat dari mentega shea atau minyak tanaman Evening Primrose.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih pelembab bibi agar mendapatkan manfaat maksimal dan semakin menyehatkan bibir.

1. Wewangian

"Banyak orang mengalami alergi karena tidak cocok dengan wewangian yang ada pada pelembab bibir sehingga menyebabkan iritasi," kata Madfes.

Salah satu penyebab iritasi paling umum adalah Cinnamates, senyawa beraroma kayu manis yang memiliki kandungan pelindung matahari.

2. Fenol atau Mentol

Meskipun bahan ini dapat memberikan sensai dingin dalam sekejap, bukan berarti hal itu dapat menyembuhkan.

"Saya sarankan hindari pelembab bibir dengan kandungan fenol atay mentol karena dapat menyebabkan bibir iritasi dan semakin sensitif," ujar Lauren E. Ploch, gelar M.D., anggota dari American Academy of Dermatology yang praktek di Georgia Dermatology dan Skin Cancer Center.

3. Vitamin E

Ternyata, tak sedikit orang yang elargi pada topikal alergi. Oleh karena itu, Madfest tidak terlalu merekomendasikan bahan ini masuk dalam pelembab bibir.


(DEV)