Obat Kumur Efektif Cegah Radang Tenggorokan

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 02 Nov 2016 11:57 WIB
tips kesehatan
Obat Kumur Efektif Cegah Radang Tenggorokan
(Foto: Wisegeek)

Metrotvnews.com, Jakarta: Obat kumur dikenal dapat memaksimalkan kebersihan gigi dan mulut. Mungkin belum banyak orang yang  tahu bahwa obat kumur juga berfungsi mencegah radang tenggorokan.

"Obat kumur harus digunakan rutin, jangan sampai menunggu sakit," ujar Ketua Divisi Laring Faring Departemen THT FKUI/RSCM, Dr Syahrial M.Hutauruk, SpTHT-KL(K) dalam workshop kesehatan, di Jakarta, (Selasa, 1/11/2016). Apalagi, tambah dia, jika musim sedang tidak bersahabat, yang mudah memicu berbagai penyakit seperti flu, batuk, dan pilek, maka sebaiknya rutin menggunakan obat kumur.

"Saat tenggorokan sudah mulai tak nyaman, juga mulai gunakan (obat kumur)," ucapnya.

Mengenai usia pengguna, anak-anak di atas usia delapan tahun sudah bisa diajarkan menggunakan obat kumur. Pada usia ini mereka sudah bisa berkumur dengan benar.

Sementara obat kumur yang baik adalah cairan antiseptik yang mengandung povidone-iodine, yang terbukti mengurangi jumlah bakteri dan virus pada rongga mulut sebanyak 99,4 persen dalam waktu singkat.

Kandungan tersebut lebih efektif dibandingkan antiseptik lainnya seperti Chlorexidine Gluconate, yang memiliki efektifitas 59,7 persen. Pada obat kumur dengan kandungan cetylpyridinum chloride, efektivitasnya 97 persen.

Selain rajin berkumur, sakit tenggorokan dapat dihindari dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun, sementara menghindari kontak dengan penderita flu, dan makan makanan bergizi agar daya tahan tubuh tetap prima.


 

Perawatan Estetika Gigi


 



(DEV)