Hamil Muda Lebih Berisiko Terkena Stroke

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 03 Nov 2016 17:21 WIB
studi kesehatan
Hamil Muda Lebih Berisiko Terkena Stroke
Risiko stroke meningkat secara signifikan pada kehamilan di usia 12-14 tahun dan 25-34 tahun. (Foto: Boldsky)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa kehamilan di usia muda dapat meningkatkan risiko stroke dibandingkan dengan wanita yang terlalu tua untuk melahirkan.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa risiko tersebut dua kali lipat pada mereka yang berusia 12-14 tahun dan meningkat secara signifikan menjadi 60 persen pada usia 25-34 tahun selama masa kehamilan atau post partum hingga enam minggu setelah melahirkan. Namun, tidak terlihat adanya perbedaan risiko stroke pada wanita yang berusia di atas 35 tahun.

"Kami telah memeringatkan wanita yang berusia di atas 35 tahun bahwa kehamilan dapat meningkatkan risiko stroke, namun ternyata risiko yang sama juga terjadi pada mereka yang tak hamil," ujar pemimpin penelitian Eliza C. Miller dari Columbia University Medical Centre (CUMC) di New York, Amerika Serikat.

Namun, ia melanjutkan, risiko stroke meningkat secara signifikan pada kehamilan di bawah usia tersebut. Faktanya, satu dari lima kasus stroke pada wanita di kelompok usia tersebut dialami oleh wanita hamil.

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa risiko kehamilan yang berkaitan dengan stroke lebih tinggi pada wanita yang berusia lebih tua dibandingkan dengan wanita yang lebih muda.

"Insiden kehamilan yang berkaitan dengan stroke meningkat, dan hal tersebut bisa dijelaskan olah fakta dimana lebih banyak wanita yang menunda melahirkan sampai mereka berusia lebih tua, dimana risiko stroke secara keseluruhan lebih besar," ujar Joshua Z. Willey, asisten profesor di CUMC.

(Baca juga: Ciri-Ciri Kandungan Sehat)

Studi tersebut menganalisa 19.146 wanita berusia 12-55 tahun wanita hamil dengan 797 (4,2 persen) diantaranya baru saja melahirkan.

Mereka menemukan bahwa insiden stroke secara keseluruhan selama kehamilan atau setelahnya mengalami peningkatan, yaitu 46,9 per 100 ribu orang untuk usia 45-55 tahun dan 14 per 100 ribu untuk usia 12-24 tahun.

Namun, wanita hamil dan postpartum pada kelompok termuda (usia 11-24 tahun) memiliki lebih dari dua kali lipat risiko stroke dibandingkan wanita yang tak hamil di usia yang sama dengan perbandingan 14 per 100 ribu wanita hamil dan 6,4 per 100 ribu pada wanita tak hamil.

"Kami butuh penelitian lanjut untuk mendapat pemahaman lebih lanjut sehingga kita bisa mengidentifikasi wanita muda yang mengalami risiko tertinggi dan mencegah hal ini," pungkas Miller.





(TIN)