5 Alasan Harus Makan Apel Setiap Hari

Nia Deviyana    •    Selasa, 01 Nov 2016 16:32 WIB
tips kesehataninformasi kesehatan
5 Alasan Harus Makan Apel Setiap Hari
(Foto: Daily Express)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apel memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Tak heran jika buah ini digunakan sebagai pengganti nasi bagi mereka yang sedang diet.

Sebenarnya, masih banyak manfaat apel untuk kesehatan. Mulai dari menjaga stamina tubuh hingga mencegah kanker.

Berikut, alasan mengapa Anda harus mengonsumsi apel setiap hari seperti dikutip Prevention.

1. Bernutrisi tinggi

Sebuah apel mengandung 115 kalori, 5 gram serat, vitamin C, dan fitonutrient (antioksidan nabati yang membantu kinerja organ hati menguras bahan kimia dan racun dalam tubuh.

2. Menurunkan risiko kanker

Sebuah studi menunjukkan, nutrisi yang terdapat pada apel juga berfungsi mencegah berkembangnya sel-sel kanker, seperti kanker mulut, esofagus, laring, paru-paru, usus besar, payudara, ovarium, dan prostat.

3. Meningkatkan metabolisme

Makan satu atau dua apel dalam sehari, dan mungkin Anda akan merasa perut Anda terisi penuh. Ya, apel memang cepat membuat perut kenyang sehingga direkomendasikan kepada mereka yang sedang diet. Di sisi lain, apel mengandung serat larut dan asam ursolic, senyawa alami yang mampu meningkatkan pembakaran lemak.

Peneliti dari University of Rio de Janeiro menemukan, perempuan yang menambahkan tiga apel per hari dalam menu diet berhasil kehilangan dua pound dalam 2 minggu.

4. Meningkatkan kinerja otak

Apel adalah suplemen alami bagi otak. Para peneliti dari Cornell University menemukan, kandungan quercetin yang terdapat pada apel berkhasiat melindungi neuron otak dari stres oksidatif yang memicu penyakit neugeneratif sepeti alzheimer dan parkinson.

Sementara, studi yang dilakukan kepada para penderita alzheimer mengungkapkan, mengonsumsi 8 ons jus apel berhasil meningkatkan suasana hati sebanyak 27 persen.

5. Menjaga kesehatan pernapasan


Antioksidan pada apel membantu melindungi paru-paru dari stres oksidatif penyebab asma, bronkitis, dan emfisema (penyempitan saluran napas). Dalam sebuah penelitian disebutkan, makan apel selama kehamilan dapat mencegah asma pada anak sejak dini.


(DEV)