Vitamin B Mampu Kurangi Efek Negatif Polusi Udara pada Tubuh

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 18 Mar 2017 18:00 WIB
polusi udara
Vitamin B Mampu Kurangi Efek Negatif Polusi Udara pada Tubuh
Vitamin B Mampu Kurangi Efek Negatif Polusi Udara pada Tubuh (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Polusi udara di luar ruangan adalah penyebab tiga juta kematian di seluruh dunia. Kabar baiknya, sebuah penelitian telah menemukan cara untuk melawan masalah tersebut.

Studi tersebut menyebutkan bahwa vitamin B dapat menghilangkan efek kesehatan negatif yang disebabkan oleh sistem pernapasan partikulat. Penelitian tersebut berfokus pada PM2.5, sebuah polutan yang dapat menyebabkan iritasi sinus, serangan jantung, hingga kematian dalam beberapa kasus.

Para peneliti meminta para relawan untuk menghirup udara tercemar di pusat kota Toronto selama empat minggu tanpa mendapatkan asupan vitamin apapun. Sampel udara diberikan melalui masker wajah.

Kemudian, mereka diberikan serangkaian vitamin B saat terkena polusi selama empat minggu. Hasilnya, suplemen tersebut mengurangi efek negatif polusi udara sebanyak 28-76 persen.

Polusi udara adalah bahaya kesehatan yang saat ini terus berkembang di kota-kota besar di seluruh dunia, terutama untuk jenis PM2.5 atau di atasnya.

Meskipun penelitian ini memberikan kabar menggembirakan, terdapat beberapa keterbatasan dalam beberapa hal, seperti ukuran sampai yang kecil dan ketidakjelasan dosis vitamin yang digunakan untuk menghentikan efek negatif pada tubuh tersebut.

Selanjutnya, penelitian tersebut hendak melakukan uji coba pada negara dengtan tingkat polusi yang lebih tinggi, seperti Tiongkok dan India.


 


(ELG)